Advertisements
Sumber: Billboard

Min Yoon-gi, dikenal sebagai professional dengan nama panggungnya Suga BTS dan Agust D, adalah seorang rapper, penulis lagu, dan produser rekaman Korea Selatan. Di bawah Big Hit Music, ia memulai debutnya sebagai anggota boy band Korea Selatan BTS pada 2013.

Berbicara tentang berita Suga BTS, dalam tulisan kali ini akan memberikan kumpulan berita terbaru Suga BTS sebagai berikut ini:

1. Film Dokumenter Suga BTS Bakal Tayang di Disney+ Hotstar, Perjalanan Sang Bintang Keliling Dunia

Sumber: Dispatch

Perjalanan Suga BTS berkeliling dunia untuk mencari inspirasi bermusik dirangkum dalam film documenter yang berjudul SUGA: Road to D-DAY yang akan segera tayang di Disney+ Hotstar. Perjalanan ini dimulai setelah BTS berkolaborasi dengan beberapa musisi internasional seperti Coldplay, PSY, Steve Aoki, The Chainsmokers, dan Halsey.

Film yang satu ini akan mengikuti perjalanan Suga mengelilingi dunia, dari Seoul ke Tokyo, Las Vegas, dan Negara lainnya.

Tujuan Suga berkeliling dunia adalah mengeksplorasi dan mempelajari berbagai genre musik baru.

“Ini pertama kalinya aku berjalan di jalan ini. Saya sangat bersemangat sekarang. Setiap kali kami menyelesaikan pertunjukkan, saya masuk ke dalam (dan berkata) ‘Ah saya lelah’.” kata Suga pada saat berjalan-jalan di malam hari. “Saya beri tahu anda, ini adalah pertama kalinya dalam hidup saya melakukan ini. Aku bahkan belum mencobanya di Korea.” tambah suga.

2. Suga BTS Umumkan Solo Perdananya

Sumber: Facebook

Dikabarkan Suga BTS bakalan merilis album solo perdananya yang bertajuk D-DAY pada 21 April 2023. Hal ini diberikan oleh label Big Hit Music pada Senin, 3 April 2023.

D-DAY akan mengawali perjalanan solo karier Suga sebagai Agust D. Album ini akan menampilkan gambaran tentang Suga sebagai seorang musisi.

“D-DAY akan menjadi penutup dari trilogi sisi lain Suga, Agust D, setelah merilis dua mixtape sebelumnya, yaitu Agust D dan D-2,” ungkap Big Hit Music dalam pernyataan resmi yang dirilis melalui Weverse.

“Album ini akan mengawali perjalanan pribadi Suga sebagai Agust D, dan menawarkan gambaran intim tentang hidupnya sebagai seorang teman seniman.” lanjut Big Hit Music.

Advertisements

Sebelum merilisnya albumnya, Big Hit Music menyebut kalau Suga akan merilis single pra-rilis terlebih dahulu pada 7 April. Selain itu, ada beberapa konten lainnya yang akan dirilis dalam waktu dekat, termasuk film dokumenter perdana Suga.

3. Suga Berduka Atas Meninggalnya Musisi Ryuichi Sakamoto

Sumber: InsertLive

Suga BTS mengungkap pernyataan bela sungkawa atas meninggalnya musisi Ryuichi Sakamoto, melalui unggahan Instagram Stories, Senin (3/4/2023) jelang dini hari, waktu setempat.

Suga memanggil Ryuichi Sakamoto dengan sebutan ‘seongsaengnim’. yang artinya guru atau seseroang yang dihormati karena kemampuan dan ilmunya.

“Seongsaengnim, kuharap perjalananmu yang jauh ini begitu damai, R.I.P Sakamoto Ryuichi,” tulis Suga BTS.

Mendiang Ryuichi Sakamoto diketahui sempat bertemu dengan Suga. Dalam pertemuan itu, keduanya berbincang tentang pandangan mereka di dunia musik. Termasuk ketertarikan Suga di bidang music director setelah menonton The Last Emperor, film yang menjadikan Ryuichi Sakamoto sebagai music director.

“Meski ia adalah idola top, saat kami berbincang aku merasa ia begitu rendah hati dan seorang anak muda keren yang serius mengenai musiknya. Bahkan aku sampai berpikir, apa ia punya hobi lain selain bermusik.” tulis Ryuichi.

Pernyataan Ryuichi ini kembali dibagikan ARMY, sebutan fans BTS, begitu kabar duka tentangnya tersebar, Bahkan, tidak sedikit juga yang membagikan kembali momen ketika Suga membawakan salah saru karya Ryuichi yakni “Merry Christmas Mr. Lawrence,” menggunakan piano.

Baca juga: 6 Rekomendasi Makanan Khas Korea Populer

Sumber:

Advertisements