Advertisements

Live streaming menjadi fenomena yang mendunia belakangan ini, tidak menutup kemungkinan segala kalangan melakukan live streaming. Hal tersebut didukung oleh beberapa platform yang menyediakan layanan live streaming. Live streaming juga menjadi salah cara bersosialisasi dan hiburan pada saat masa isolasi pandemi 2020.

Live streaming banyak dikagumi oleh kalangan masyarakat karena memiliki basis format video dengan interaksi real-time antara streamers (sebutan orang yang melakukan live streaming) dengan para penontonnya. Interaksi yang dapat dilakukan juga tidak terhalang oleh jarak dan waktu. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan saat melakukan live streaming, seperti sekedar bercerita, sesi tanya jawab, challenge, hingga bernyanyi. Live streaming banyak digandrungi karena dapat menghibur dan menyedot perhatian para penonton pada aktivitas-aktivitas yang dilakukan para streamers pada saat live streaming. Selain dapat menghibur para penonton, live streaming juga membuat para penonton dapat merasakan menjadi bagian dari streamers seperti menjadi komunitas individu yang memiliki hobi atau kegemaran yang sama.

Live streaming tidak hanya berperan untuk menghibur, tetapi juga memiliki potensi dalam segi ekonomi. Pada beberapa platform live streaming menyediakan fitur virtual gift yang seharga dengan nominal uang. Sehingga para penonton bisa memberikan virtual gift kepada para streamers yang nantinya dapat dijadikan uang. Selain itu, live streaming dapat menjadi sumber penghasilan apabila para streamers melakukan live streaming yang berkolaborasi dengan beberapa brand yang ingin melakukan iklan. 

Live streaming juga dilakukan para aktor, aktris, grup idol, dan grup band. Hal tersebut dimanfaat untuk dapat berinteraksi dengan para fans di segala penjuru. Salah satu grup idol yang terkenal dan banyak digandrungi masyarakat indonesia khususnya para remaja dan bagian dari IDN Media yaitu JKT 48 yang juga memanfaatkan platform live streaming. JKT 48 merupakan saudari grup pertama dari AKB 48 di luar Jepang yang banyak menarik perhatian masyarakat Indonesia selama hampir lebih dari 10 tahun. Konsep yang diusung oleh JKT 48 yaitu idol teater, yaitu para penggemar dapat melihat pertunjukan para anggota JKT 48 di teater JKT 48. Namun, pada pandemi tahun 2020 mengakibatkan JKT 48 menunda semua kegiatan pertunjukan. Maka, pada saat itu JKT 48 memanfaatkan perkembangan teknologi dengan melakukan live streaming, salah satunya pada platform IDN Media. Live streaming sangat berguna untuk JKT 48 tetap dapat berinteraksi dengan para penggemarnya. Walaupun para anggota JKT 48 dan para penggemar berada pada tempat yang berbeda-beda, platform live streaming dapat menjadi wadah interaksi mereka secara real-time. Selain itu, live streaming juga dapat memperluas jangkauan penggemar dan memberikan pengalaman-pengalaman yang lebih luas bagi para anggota dan juga penggemar.

Advertisements
Instagram: Idn_app

Pengalaman yang lebih personal bisa didapatkan oleh para penggemar JKT 48 melalui live streaming, walaupun tidak dapat bertemu secara langsung tetapi para penggemar dapat berinteraksi dengan idola mereka melalui fitur komen atau chat sehingga dapat menambahkan kesan keakraban yang unik. Live streaming JKT 48 juga menjadi platform untuk memperluas dan menambah keuntungan dalam segi ekonomi. Para penggemar yang ingin menyaksikan live streaming JKT 48 dapat membeli tiket virtual pada platform yang digunakan. Salah satu contohnya yaitu live streaming JKT 48 pada platform IDN Media yang memiliki virtual gift dan dapat dijadikan sebagai salah satu sumber penghasilan. Para penggemar yang berpartisipasi dalam live streaming tidak hanya mendukung grup idol yang mereka gemari, melainkan juga mendapatkan kebanggaan tersendiri dari pengalaman tersebut.

Namun, dari semua keunggulan dan keunikan live streaming yang dilakukan JKT 48, tentu saja terdapat beberapa kendala dalam proses pelaksanaannya. Seperti gangguan koneksi internet yang tidak stabil sehingga kualitas video menjadi menurun. Hal tersebut membuat atmosfer yang berbeda dengan menyaksikan pertunjukan secara langsung. Secara keseluruhan, live streaming JKT 48 menjadi sarana yang efektif untuk melakukan interaksi secara real-time antara JKT 48 dengan para penggemarnya. Platform live streaming ini juga efektif untuk mempertahankan dan memperluas jangkauan penggemar JKT 48. Karena adanya keterlibatan yang aktif dari para penggemar sehingga JKT 48 dapat terus berkembang dalam industri musik Indonesia dengan dukungan penggemar yang banyak.

Baca juga: Kumpulan Berita Suga BTS

Advertisements