5 Makanan Khas Bantaeng5 Makanan Khas Bantaeng

Makanan khas Bantaeng tidak banyak diketahui masyarakat di luar Sulawesi Selatan. Pasalnya, banyak orang mengira bahwa makanan khas dari daerah tersebut sama saja dengan makanan khas Makassar. Padahal, Bantaeng memiliki banyak ragam makanan dengan rasa yang sangat lezat dengan tekstur bumbu yang juga sangat kuat.  Jika Anda penasaran, simak artikel berikut. 

1. Rakang 

Sekilas, makanan khas Bantaeng ini terlihat seperti makanan khas Jawa yaitu lupis. Padahal, makanan ini terbuat dari kentang. Memang, banyak orang akan merasa heran bagaimana rasa kentang tersebut apabila ditaburi oleh kelapa parut. Pastinya, ada tambahan sambal yang membuat rakang menjadi istimewa. 

Lame-lame dan Loka Menu Andalan Bukber di Loka Bantaeng - Kompasiana.com

Kentang hanya perlu direbus dan parutan kelapa parut juga mudah didapat. Tetapi, tambahan sambal yang menjadikannya istimewa. Sambal ini terbuat dari terasi, cabe rawit, bawang merah dan bawang putih serta kacang tanah dan limau. Karena itulah, rasa sambal terasa sangat gurih dan segar. 

2. Marning

Tidak banyak yang tahu bahwa marning adalah salah satu makanan khas Bantaeng juga. Marning ini sebenarnya adalah jagung yang dipipihkan dan dikeringkan untuk dijadikan keripik. Marning asli Bantaeng ini tersedia dengan beberapa varian rasa seperti pedas, manis dan asin. 

Resep Marning Jagung Renyah Dan Empuk - YouTube

Tetapi, beberapa orang masih menyukai rasa marning original meskipun kita lebih sering melihat marning dengan varian rasa yang dijual di toko oleh-oleh di kota Bantaeng. Rasanya juga cukup berbeda dengan marning yang ada di Jawa. Patut dicoba. 

3. Cucur 

Bisa jadi, makanan khas Bantaeng ini juga sudah sangat dikenal karena memang kue seperti ini banyak tersedia di pulau Jawa. Cucur juga terbuat dari tepung dan gula merah dan tersedia satu warna. 

Resep Kue Cucur Gula Merah Bersarang, Camilan Legit Merekah

Berbeda dengan cucur di Jawa yang hadir dengan berbagai macam warna. Cucur ini dikenal sangat lezat dan manis. Rasa manis yang muncul adalah dari gula merah, sehingga rasanya sangat lezat. Cucur tersedia di beberapa sudut kota di Bantaeng. Tetapi, bagi mereka yang ingin menikmati cucur yang terkenal, mereka dapat membelinya di Kampung Beloparang, yang ada di kecamatan Bissappu. 

4. Kue Mangkok

Bentuk kue ini mengingatkan kita pada roti mangkok yang sangat familiar di berbagai kota di Indonesia. Khusus kue mangkok yang merupakan makanan khas Bantaeng ini,  rasanya juga sangat gurih meskipun tidak semanis kue mangkok yang sering kita temukan di pulau Jawa.

Resep Kue mangkok mekar oleh R. Laraswati - Cookpad

Tetapi tekstur dan kelembutannya sangat menarik sehingga kue ini memiliki daya tarik tersendiri.  Bahan dasar dari kue ini adalah tepung beras dan gula merah. Tanpa tepung terigu, kue ini terasa lebih lezat dan empuk. 

5. Keripik Talas 

Kita sudah sering mendengar keripik talas sebagai oleh-oleh khas dari beberapa daerah. Ternyata, keripik talas juga menjadi salah satu makanan khas Bantaeng yang juga sangat terkenal. Keripik ini memiliki ukuran yang lumayan besar sehingga mengkonsumsinya pun bisa sangat puas. Terlebih, teksturnya juga lembut dan empuk sehingga disukai oleh siapa saja. Talas mudah didapatkan di Bantaeng karena itulah keripik ini juga tersedia di berbagai toko oleh-oleh yang ada di kota Bantaeng, maupun di ibukota provinsi, Makassar.

Sebenarnya, masih banyak ragam makanan khas Bantaeng yang dapat dinikmati. Tetapi, lima jenis tersebut adalah jenis yang paling mudah ditemukan oleh wisatawan. Selain mudah didapatkan di kota, semua jenis kue ini juga memiliki pusat penjualan yang dapat menyediakannya dalam jumlah besar. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *