Advertisements

6 Tanaman Toga Ini Bermanfaat Sebagai Obat Herbal, Simak di Sini!

Setiap orang tentunya mendambakan hidup sehat. Sehingga tidak heran jika banyak orang yang berlomba – lomba untuk bisa hidup sehat. Tindakan preventif bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi, serta rutin berolahraga. Tindakan kuratif adalah dengan tindakan meminta resep dari dokter atau swamedikasi (penyembuhan sendiri). 

Soal aktivitas swaemedikasi bisa dilakukan oleh setiap orang atau masyarakat di lingkungan tempat tinggal. Tindakan swamedikasi tidak hanya aman karena jauh dari unsur kimiawi saja, namun juga murah meriah. Tindakan swamedikasi bisa membuat tanaman obat keluarga (Toga). 

Toga sendiri adalah salah satu gerakan masyarakat dalam membangun kesadaran akan pentingnya kesehatan serta kebugaran dalam tubuh. Sebenarnya tanaman obat herbal keluarga ini banyak ragam dan pilihannya. Apa sajakah itu?

Berikut dibawah ini akan diperkenalkan 6 tanaman Toga yang bisa menghiasi ruang hijau di lingkungan sekaligus bermanfaat sebagai obat herbal.

1. Temulawak

Sumber: Liputan6.com

Temulawak adalah tanaman asli Indonesia yang termasuk dalam keluarga Zingiberaceae. Beberapa khasiat temulawak untuk kesehatan diantaranya yaitu untuk mengobati sakit limpa, sakit ginjal, sakit pinggang, asma, sakit kepala, masuk angin, maag, sakit perut, produksi asi, nafsu makan, sembelit, sakit cangkrang, cacar air, sariawan, dan juga jerawat. 

2. Daun Binahong

Sumber: CNBC Indonesia

Daun binahong adalah tanaman yang berasal dari Korea. Kemudian menyebar ke Indonesia dan biasa disebut gondola. Tanaman binahong ini bisa tumbuh dengan baik di lingkungan yang dingin dan lembap. 

Beberapa khasiat daun binahong untuk kesehatan antara lain mengatasi masalah kulit (jerawat), maag, asam urat, kolesterol, diabetes, sesak napas, anemia, batuk, membersihkan paru – paru dari kotoran dan racun, mengembalikan stamina yang hilang, meningkatkan tekanan darah, mengatasi masalah haid, mempercepat proses penyembuhan luka, serta mengatasi anak yang susah makan. 

Baca juga: Cara Membuat Tart Snack Ulang Tahun

Advertisements

3. Daun Beluntas

Sumber: KlikDokter

Daun beluntas adalah tanaman semak atau setengah semak yang bisa tumbuh tegak dengan tinggi hingga 2 meter. Khasiat daun beluntas untuk kesehatan diantaranya yaitu bisa menghilangkan bau badan, sakit pinggang, menurunkan panas, peluruh keringat, nyeri pada reumatik, scabies, TBC, serta mengatasi gangguan pencernaan pada anak – anak dan menambah nafsu makan. 

4. Daun Sambiloto

Sumber: Halodoc

Daun sambiloto adalah tanaman asli Indonesia yang termasuk suku Acanthaceae. Tanaman obat herbal ini mengandung aldehid, keton, alkane, flavonoid, kalium, natrium, dan kalsium. Daun sambiloto adalah tanaman liar yang bisa ditemukan di kebun, tepi sungai, dan tanah kosong yang lembab. Khasiat daun sambiloto adalah untuk mengobati stroke. 

5. Temu Ireng

Sumber: Greeners.co

Temu ireng adalah tanaman yang termasuk suku Zingiberaceae yang dikenal sebagai tanaman obat tradisional. Biasanya tanaman ini memiliki warna rimpang biru kebiruaan dan rasa daging rimpangnya pahit. 

Khasiat rimpang tanaman ini antara lain sebagai obat batuk, asma, kudis, cacing, malaria, kurang segar pasca melahirkan, dan sebagai obat penambah nafsu makan. Temu ireng pun dikenal sebagai obat penyembuhan luka pada kulit. 

6. Sirih

Sumber: Rumah.com

Sirih adalah tanaman yang termasuk keluarga Piperaceace. Di Jawa, tanaman yang merambat dan bersandar pada batang pohon lain ini biasanya dipakai untuk kelengkapan nginang. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, serta tumbuh berselang – seling, bertangkai, dan juga mengeluarkan aroma yang sedap jika diremas. 

Beberapa khasiat daun sirih antara lain untuk menghilangkan bau mulut, sakit mata, kulit gatal, eksim, menghilangkan jerawat, batuk, mimisan, pendarahan gusi, sariawan, dan masih banyak yang lainnya.

Baca juga: Memilih Antara Rumah Tangga Dan Karir

Sumber: https://tipscantikan.com/

Advertisements