Advertisements
sumber : Wix

Dalam dunia kuliner, keberagaman potongan daging sapi menawarkan pengalaman rasa yang unik. Antara daging brisket yang berserat tinggi dan short plate yang kaya akan lemak, keduanya menjadi bagian penting dalam seni memasak yang memanjakan lidah. Mari telusuri lebih dalam perbedaan, karakteristik, dan keistimewaan dari kedua potongan daging yang telah menjadi bintang dalam hidangan-hidangan istimewa

Kenali Perbedaan Daging Brisket dan Shortplate

Daging brisket dan short plate merupakan dua potongan daging sapi yang memiliki karakteristik unik dan idealnya dimasak dengan metode yang berbeda untuk menghasilkan hidangan yang lezat. Mari kita telaah lebih dalam mengenai perbedaan daging brisket dan shortplate.

Brisket

Brisket berasal dari bagian dada atau dada belakang sapi. Potongan ini terletak di bagian tengah, di antara leher dan dada bagian bawah. Salah satu karakteristik utama dari brisket adalah kandungan jaringan ikat yang cukup tinggi, membuat dagingnya cukup berlemak dan berserat. Sebagian besar brisket memiliki dua bagian, yakni “point” yang lebih berlemak dan “flat” yang lebih kurus dengan lapisan lemak yang lebih tipis.

Keistimewaan dalam Memasak

sumber : Kompas

Dalam memasak brisket, perhatian khusus dibutuhkan karena daging ini memerlukan waktu masak yang cukup lama agar menjadi empuk. Biasanya, brisket dimasak dengan metode slow cooking atau memasak dalam waktu yang lama pada suhu rendah, seperti di dalam smoker. Ini memungkinkan lemak dan jaringan ikat di dalamnya untuk larut dan daging menjadi lembut serta penuh dengan rasa. Proses ini juga memungkinkan bumbu dan rempah-rempah untuk meresap ke dalam daging dengan baik.

Penggunaan dalam Masakan

Brisket adalah pilihan utama untuk hidangan panggang seperti BBQ brisket yang populer. Potongan ini juga sering dijadikan bahan utama dalam hidangan tradisional seperti potongan daging panggang yang disajikan dengan saus atau dipotong tipis untuk hidangan sandwich.

BACA JUGA : Resep Olahan Daging Ala Masakan Rumahan Yang Enak

Advertisements

Short Plate

Short plate berasal dari bagian perut bawah sapi, dekat dengan tulang rusuk bagian bawah. Potongan ini cenderung lebih berlemak dibandingkan dengan brisket dan memiliki daging yang sedikit berlemak dengan tekstur yang agak berbeda. Terdapat lapisan lemak yang cukup di antara dagingnya.

Keistimewaan dalam Memasak

sumber : Tokopedia

Short plate memiliki sedikit jaringan ikat jika dibandingkan dengan brisket, yang membuatnya sedikit lebih mudah dimasak. Meskipun begitu, untuk menghasilkan hidangan yang lezat, short plate juga memerlukan metode masak yang tepat. Penggunaan suhu dan waktu masak yang benar sangat penting untuk melelehkan lemak yang terkandung dalam daging ini dan membuatnya lebih empuk.

Penggunaan dalam Masakan

Potongan short plate sering digunakan untuk membuat steak dengan cita rasa yang khas karena keberadaan lemak yang memberikan rasa dan kelembutan. Selain itu, potongan ini juga cocok untuk berbagai hidangan seperti stews atau sup, di mana lemaknya dapat menambahkan rasa dan tekstur khusus pada hidangan.

Kedua potongan daging ini memerlukan perhatian khusus dalam proses memasaknya agar menghasilkan hidangan yang lezat. Meskipun memiliki karakteristik yang berbeda, keduanya menawarkan cita rasa yang unik dan menjadi pilihan favorit dalam berbagai jenis hidangan.

BACA JUGA : 5 Resep Ceker Mercon Yang Bisa Dicoba Di Rumah

Advertisements