Resep Kue Ulang Tahun Buat Anak!Resep Kue Ulang Tahun Buat Anak!

resep kue ulang tahun anak enak

hariancewek.com – Kue ulang tahun bagi anak adalah hal yang dinantikan tiap ulang tahun mereka tiba. Hal tersebut disebabkan karena rasanya yang manis bikin anak jadi ketagihan. Ide kue ulang tahun bagi anak banyak sekali. Bahkan tidak hanya itu-itu saja idenya. Ide banyak sekali untuk kue ulang tahun anak. Permen misalnya bisa jadi ide kue ulang tahun yang anak pasti suka sekali. Maka anda sebaiknya mulai memikirkan ingin membuat kue ulang tahun anak yang seperti apa. Tentunya berdasarkan favorit anak dan jenis kelamin anak juga. Jika anak anda suka bola, anda bisa membuat kue ulang tahun bulat dan lainnya. Nah untuk ide lainnya, berikut 3 resep kue ulang tahun anak.

 

  • Kue Ulang Tahun Marshmallow 

 

Bahan-Bahan Yang Diperlukan:

8 Butir Telur

140 Gram Tepung Terigu Protein Sedang

Coklat Batangan Berasa

Mentega Blue Band

Tbm 1 1/2 sendok teh

1 Sendok Teh Pengembang Kue 

Coklat Bubuk 30 gram

Kental Manis 60 gram

Marshmallow 1 bungkus

Cara Membuat Kue Ulang Tahun Marshmallow:

  • Cairkan mentega di atas kompor dengan api yang kecil, taruh dahulu.
  • Setelah itu anda taruh 8 butir telur ayam dan gula pasir sekitar 120 gram ke dalam wadah yang biasanya dipakai untuk mixer. Selanjutnya masukkan tbm dan juga pengembang kuenya. Mixer semua bahannya hingga bahan tersebut jadi membesar atau mengembang. Biasanya 8 butir telur bisa membuat adonan mengembang tinggi. 
  • Kemudian masukkan tepung terigunya perlahan saja, jangan ditaruh semuanya. Setelah itu aduk lagi pelan-pelan saja dari bawah ke atas dan seterusnya. 
  • Tuang mentega cair tadi dan juga kental manisnya. Aduk-aduk lagi pelan. 
  • Setelah diaduk masukkan coklat bubuknya. Jika dirasa kurang cokelat bisa tambahkan sedikit lagi. Tetapi jangan terlalu banyak karena bisa membuat kue jadi pahit.
  • Setelah itu tuang ke dalam Loyang yang bentuknya persegi. Terlebih dahulu Loyang persegi tersebut dioles dengan mentega dan taburkan tepung hingga putih. 
  • Taruh di dalam oven yang telah dipanaskan. Masak selama kurang lebih 35 menit.
  • Jika ovennya sudah berbunyi, diamkan dahulu saja.
  • Sambil mendinginkan kuenya, anda ambil coklat batangan dan lelehkan. Cara melelehkannya dengan diiris-iris terlebih dahulu, setelah itu anda ambil mangkuk kecil dan masukkan ke panci berisi air. Nyalakan kompor dan masukkan coklat batangan tadi. Setelah meleleh, taruh di atas kuenya.
  • Taruh marshmallow ke atas kuenya sesuai bentuk yang anda suka. Anda bisa memotong marshmallownya jika terlalu besar.

 

 

  • Kue Ulang tahun Yupi

 

Bahan-Bahan Yang Diperlukan:

Telur Ayam Sebanyak 9 Butir

Tepung Terigu 140 Gram Dan Diayak

Pengembang Kue 1 sdt

Sp Setengah Sendok Makan

Margarin Yang Dicairkan

Vanilla Essence Sebanyak 1 ½ sendok teh

Coklat Batangan Jeruk

Gula Putih 1 Gelas Belimbing

Yupi Berbagai Bentuk

Cara Membuat Kue Ulang Tahun Yupi: 

  • Pecahkan semua telur ayamnya namun gunakan putih telurnya sebanyak 8 butir saja. Kemudian taruh juga gula putihnya ke atas telur. Kemudian masukkan vanilla essence, sp dan pengembang kue. Buat adonan menjadi putih yang mengembang dengan mixer yang berkecepatan tinggi. Langsung menggunakan kecepatan tinggi agar hasilnya sempurna. 
  • Setelah mengembang dengan sempurna, saatnya memasukkan tepung terigunya. Cara dalam memasukkan tepung terigu ini haruslah sambil diaduk dengan spatula plastic bawaan mixernya. Nah anda masukkan jangan banyak-banyak. Dikit dahulu hingga habis. Jangan lupa untuk sambil diaduk dengan spatula tadi. 
  • Kemudian selanjutnya masukkan margarin cairnya. Aduk lagi setelah dimasukkan margarin cair. Pastikan tidak ada margarin dan tepung yang mengendap di bagian bawahnya. Jadi anda mengaduknya harus benar.
  • Setelah jadi adonan kuenya, tuang kedalam Loyang kue yang sudah dioleskan margarin dan tepung. Taruh ke dalam oven yang telah diputar suhunya di 180 derajat celcius. Tunggu kuenya hingga matang. Untuk tahu apakah sudah matang bagian dalamnya, tusuk dengan garpu atau tusukan sate. Jika sudah tidak cair atau lembek, berarti sudah matang.
  • Kemudian anda cairkan coklat batangan yang berasa jeruk. Anda bisa menambahkan butter krim sedikit saja ketika sudah dilelehkan. Oleskan pada bagian kuenya, dan taruh yupi ke seluruh bagian kuenya. Anda bisa menghiasnya dengan rapi atau juga berantakan.

 

 

  • Kue Ulang Tahun Oreo 

 

Oreo sangat banyak penggemarnya termasuk anak-anak. Oreo juga mudah sekali didapatkan di berbagai minimarket terdekat. Varian rasa oreo juga banyak sekali sehingga anda bisa berkreasi untuk sajian toping kuenya. 

Bahan-Bahan Yang Diperlukan:

115 Gram Gula Putih

90 gram Tepung Terigu

5 Butir Telur Ayam

Setengah Sendok Makan Pengembang Kue

Tbm Setengah Sendok Makan

Oreo Original 1 bungkus

Oreo Rasa Ice Cream 1 bungkus

Oreo rasa Krim Cokelat 1 bungkus

Margarin Dicairkan 100 ml

Kental Manis Putih 

Mentega Putih 80 gram

Cara Membuat Kue Ulang Tahun Oreo:

  • Hal pertama kali yang anda lakukan untuk membuat kue ulang tahun oreo adalah dengan menghancurkan oreo originalnya dengan diblender. Setelah itu sisihkan dahulu.
  • Campurkan pengembang kue, tbm, 5 butir telur ayam dan juga gula pasir dalam satu wadah besar. Setelah itu saatnya anda membuatnya menjadi adonan yang mengembang putih. Setelah itu anda pastikan adonan tidak mengempis lagi.
  • Nah supaya adonannya tidak mengempis lagi, anda masukkan tepung terigunya satu sendok makan secara berurutan sambil diaduk dengan teknik lambat saja.
  • Kemudian margarin cair dan kental manis sebanyak 100 ml masukkan ke dalam adonannya. Jangan lupa masukkan oreo yang sudah diblender tadi. Aduk-aduk lagi hingga semuanya tercampur.
  • Setelah itu dalam memanggan kuenya jangan dibiarkan atau ditinggalkan. Anda harus melihatnya berulang kali atau berkala agar tahu gosong atau tidak. Nah, terlebih dahulu anda panaskan ovennya agar lebih enak dalam memanggangnya. Sebaiknya anda taruh kuenya ditingkat oven nomer dua agar tidak gosong bagian bawahnya dahulu.
  • Pastikan juga anda sudan mengoleskan mentega ke seluruh bagian Loyang aluminium kuenya. Setelah itu anda taruh di dalam piring kue jika sudah matang, namun jangan dihias dahulu.
  • Selanjutnya anda buat krim mentega putih dengan memblender mentega putih dan kental manisnya secara merata. 
  • Jika sudah jadi krim mentega putihnya, oleskan pada seluruh bagian kue yang sudah dingin tadi. Nah saatnya anda hancurkan oreo ice krim dengan gelas keras atau spatula keras. Kemudian anda taruh pada bagian atasnya. Untuk pinggirannya anda bisa tempelkan oreo rasa cokelat tadi. Anda bisa menempelkan dengan membuka dulu oreonya atau tempel semuanya langsung untuk hiasannya. Anda tinggal menambahkan lilin diatas kue ulang tahun oreonya. 

Baca juga: Gemar Memasak? Intip 3 Resep Kue Kering Lezat Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *