Resep Olahan Daging Ala Masakan Rumahan yang EnakResep Olahan Daging Ala Masakan Rumahan yang Enak

Resep Olahan Daging Ala Masakan Rumahan

Resep Olahan Daging Ala Masakan Rumahan yang Perlu Anda Coba

Resep olahan daging ala masakan rumahan dapat membantu Anda dalam membuat menu makanan yang menggugah selera di rumah. Daging merah harganya memang cukup mahal di Indonesia. Namun cenderung tidak berubah banyak dari tahun lalu harganya yaitu daging merah di pasar sekitar 1 kg dihargai 120 ribu. Untuk daging beef sirloin atau tenderloin medium tentunya beda harganya. Anda jika ingin menjadikan daging sebagai masakan rumahan dibeli di pasar tradisional juga sudah enak. Setelah itu Anda tinggal olah menjadi masakan rumahan yang enak. Anda bisa olah menjadi masakan yang mudah atau rumit. Berikut berbagai resep olahan daging yang enak dibuat jadi masakan rumahan.

1. Semur Daging

Resep Olahan Daging Ala Masakan Rumahan

Sajian pertama ini adalah semur daging. Cara membuatnya mudah sekali, Anda siapkan dahulu bahannya yaitu daging merah ½ kg, kecap manis, kunyit 1 ruas jari, bawang putih 4 buah, lada kasar 8 buah dan garam. Siapkan kentang 2 buah saja.

Sekarang daging dicuci dan kemudian dipotong dadu keciil. Rebus daging denga air yang banyak. Setelah itu haluskan atau blender bawang putih, lada dan kunyit. Masukkan pada rebusan daging dan tambahkan kecap manis. Tambahkan garam dan penyedap rasa sapi. Masak hingga empuk dan meresap. Beri irisan kentang jika sudah setengah matang. 

2. Sop Daging

Resep Olahan Daging Ala Masakan Rumahan

Sajian daging ala masakan rumahan yang satu ini mudah sekali dibuat. Siapkan daging 500 gram, wortel 3 buah, kola ¼ buah, kentang 2 buah dan daun bawang 2 batang. Siapkan bumbunya berupa bawang putih 6 siung dan alda kasar 9 butir. Siapkan gula pasir dan garam. Untuk segarnya siapkan tomat buah 1 saja.

Anda iris dahulu dagingnya jadi potongan dadu dan kemudian rebus dengan banyak air. Ulek bawang putih dan ladanya. Jika sudah anda tumis hingga wangi dan masukkan pada rebus daging. Sekarang wortel dicuci dan potong sedang. Kentangnya juga dikupas dan potong dadu besar. Masukkan pada rebusan dagingnya. Kemudian sayur kol dan daun bawangnya diiris sedang. Jika hampir matang masukkan kol dan daun bawangnya. Tambahkan garam dan gula sesuai selera. Cicipi rasanya dan masukkan potongan tomatnya. Angkat dan taburkan bawang goreng enak sekali.

3. Rendang Daging

Resep Olahan Daging Ala Masakan Rumahan

Masakan yang satu ini bisa dibilang masakan rumahan yang jarang dimasak karena rumit. Namun sebenarnya Anda bisa menggunakan bumbu instan rendang yang banyak dijual. Tentunya ditambahkan bahan rempah lagi dan santan. Siapkan daging 1 kg, bumbu rendang Indofood 2 sachet dan santan kepala 410 ml kemasan. Siapkan bumbu tambahkan rempahnya yaitu bawang putih 9 buah, bawang merah 9 buah, serai 5 batang, kemiri 4 buah, pala 1 buah, cengkeh 1 sachet kecil, kapulaga 1 buah dan jinten sedikit. 

Dagingnya dipotong jadi ukurang sedang dan jangan terlalu kecil. Sekarang anda tumis bumbu rendang kemasannya dan masukkan dagingnya. Tambahkan air hingga penuh. Selanjutnya haluskan bumbu rempahnya semuanya dengan blender. Setelah itu masukkan ke rebusan daginya. Tambahkan santan kepalanya. Aduk rata dan tunggu hingga airnya meresap dan habis. Jika sudah setengah habis atau hampir habis. Cicipi apakah kurang gula atau garam. Jika kurang gula atau garam. Tambahkan sedikit saja dan cicipi lagi. Bumbu instan rendang sudah berasa gurih jadi kalau kebanyakan gula atau garam akan membuat rasanya tidak enak dan bisa keasinan. Anda bisa masak daging rendang ini selama kurang lebih 1 jam untuk mengempukkan daging. 

Setelah mengetahui berbagai resep olahan daging ala masakan rumahan, resep mana yang Anda ingin coba buat?

Baca Juga: 3 Cara Memasak Olahan Ikan Kembung Yang Enak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *