4 Cara Ampuh Tetap Positif Di Antara Orang-Orang Yang Negatif4 Cara Ampuh Tetap Positif Di Antara Orang-Orang Yang Negatif

cara bersikap

Pernahkah Anda merasa jengah berada di suatu lingkungan karena dikelilingi oleh orang-orang yang memiliki energi negatif? Negatif di sini bukan berarti mereka melakukan kejahatan atau tindak kriminal, ya. Negatif yang dimaksud di sini misalnya sering mengeluh, mengadu domba, bersikap malas, atau juga terlalu menuntut. Biasanya hal-hal seperti ini sering sekali ditemui di tempat kerja. Yang mengerikan, energi negatif semacam ini ternyata bisa menular, lho!

Kalau Anda tidak hati-hati, Anda juga akan menjadi orang yang penggerutu dan tidak pernah puas. Akibatnya, bekerja pun jadi terasa berat dan hasil yang didapat tidak seberapa. Maka dari itu, bentengi diri Anda dengan beberapa tips berikut ini:

Tips dan Cara Bersikap Dalam Lingkungan

Jangan Gampang Mengiyakan Keluhan Orang Lain

“Duh, si bos minta revisi terus, kapan selesainya ini!” atau “Weekend begini masih juga disuruh lembur!”, mungkin Anda sering sekali mendengar keluhan seperti ini dari rekan sekerja. Setuju atau pun tidak, cobalah sebisa mungkin untuk tidak menanggapinya. Kalau Anda menanggapinya dan malah menambahkan keluhan lain, itu artinya Anda pun sudah terjangkit energi negatif darinya. Lebih baik Anda berikan tanggapan yang netral seperti, “Dikerjakan saja, nanti kan cepat selesai” atau “Masih untung kita lho, adikku malah harus menginap di kantornya untuk lembur”. Dengan kata-kata yang semacam itu, ibaratnya Anda mendinginkan bara api yang sedang berkobar.

Tetapkan batasan dalam berinteraksi

Kalau Anda termasuk orang yang susah sekali menolak ajakan rekan kerja untuk ngobrol, lebih baik menghindari saja. Saat ada teman yang mengajak Anda untuk mojok dan berbincang atau memancing lewat WA, lebih baik segera katakan kalau ada pekerjaan yang harus segera Anda selesaikan. Atau kalau dia tiba-tiba datang ke meja Anda, cobalah untuk menyibukkan diri dengan sesuatu dan menanggapi ucapan teman dengan sekenanya saja. Tapi pastikan Anda memberikan alasan yang tepat agar teman tidak merasa diabaikan.

Hindari media sosial

Selain berasal dari orang di sekitar Anda, kadang energi negatif juga bisa berasal dari media sosial. Ada kalanya Anda menemukan pengguna media sosial yang mengeluhkan ini itu, mengkritik ini itu dan saling hujat. Hanya dengan membacanya saja, kadang Anda sudah merasa ikut kesal dan terpancing. Maka dari itu, kalau Anda sedang tidak ingin diracuni oleh segala sesuatu yang bersifat negatif, lebih baik batasi diri dari berbagai hal tersebut. Atau kalau tetap tidak bisa lepas dari media sosial, Anda bisa mencari konten yang jauh dari hal negatif, misalnya tentang makanan, tempat liburan, atau juga musik terbaru.

Tunjukkan rasa syukur

Saat Anda dikelilingi oleh hal-hal negatif, berusalah mengalahkannya dengan rasa syukur. Seberapa buruk kondisi yang Anda alami atau ada di lingkungan Anda, masih banyak orang lain yang lebih tidak beruntung. Dengan bersyukur, Anda bisa merasa lebih baik dan lebih optimis dalam menapaki hidup.

Jangan biarkan energi negatif mengalahkan Anda, ya! Pastikan hari-hari Anda selalu dikelilingi segala sesuatu yang positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *