Advertisements

5 Cara Memulai Usaha Cafe Untuk Pemula

Sumber: infokost

Salah satu jenis usaha yang belakangan ini sangat digandrungi banyak orang adalah usaha cafe. Perkembangan usaha cafe sangat pesat ditambah konsep cafe yang diusung sangat beragam dan menarik pelanggan untuk mengunjunginya. 

Berbicara soal cafe, dalam kesempatan kali ini akan coba membahas tentang 5 cara memulai usaha cafe sebagai berikut:

1. Tentukan Konsep Cafe

Langkah pertama yang harus anda lakukan dalam menjalankan usaha cafe adalah menentukan konsep atau tema cafe yang akan diusung. Sebab, konsep cafe akan menenentukan aktivitas cafe anda, mulai dari menu makan dan minuman yang disajikan, desain interior cafe, hingga strategi pemasaran yang digunakan. 

Dalam hal ini, ada beberapa konsep cafe yang bisa anda jadikan inspirasi:

  • Coffe shop
  • Pet Cafe
  • specialty cafe (Japanese Food, Korean Food, Western Food, dan lain sebagainya)
  • Urban/contemporary cafe

Untuk menentukan konsep cafe yang akan diusung, sebaiknya anda melakukan riset pasar terlebih dahulu, seperti dari minat daya beli konsumen dan tren yang berkembang saat ini. Selain itu, pertimbangkan juga budget yang anda miliki, apakah sudah mencukupi untuk mengembangkan konsep cafe yang anda pilih. 

2. Pilih Lokasi yang Strategis

Pemilihan lokasi yang tepat menjadi hal yang utama dalam mendirikan cafe. Pemilihan lokasi bisa dilihat dari aspek keramaian, kemudahan akses jalan, dan keamanan. Pemilihan lokasi yang ramai dan mudah diakses, memungkinkan cafe anda terlihat dan dikunjungi pelanggan semakin besar. 

Selain itu, pemilihan lokasi cafe juga harus disesuaikan dengan target pasar anda. Misalnya, jika cafe anda menargetkan pelanggan secara umum, maka pilihlah lokasinya yang dekat titik ramai di kota tersebut. Atau jika anda mendirikan cafe dengan target pasar mahasiswa, maka pilih lokasi cafe yang dekat dengan kampus atau kost-kostan mahasiswa. 

3. Bikin Menu yang Enak, Lezat dan Orisinil

Sumber: Tempat.com

Langkah selanjutnya yang harus anda lakukan dalam menjalankan usaha cafe adalah membuat menu yang enak dan lezat serta orisinil. Jika anda memilki ide resep yang otentik yang berbeda dengan menu cafe lainnya, maka cobalah untuk memasarkannya dan menjadikan resep tersebut menjadi menu utama cafe anda. 

Advertisements

Sediakan di cafe anda menu yang lengkap mulai dari hidangan pembuka, hidangan utama, dan hidangan penutup. 

4. Bikin Desain Interior dan Eksterior Cafe yang Menarik

Sumber: Tangan Ketiga

Penggunaan desin interior dan eksterior cafe yang menarik bisa menjadi daya tarik untuk pelanggan mengunjungi cafe anda. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pemilihan desain harus disesuaikan dengan konsep awal cafe anda. 

Desain interior dan eksterior cafe yang cantik dan menarik bisa menjadi spot foto para pelanggan yang Instramable. Bukan tidak mungin pengunjung yang mengabadikan foto dengan latar belakang cafe anda lalu membagikannya di sosial media sehingga cafe anda pun menjadi lebih terkenal dan banyak diburu orang. 

5. Pilih Supplier Terbaik

Hal penting lainnya yang harus diperhatikan dalam menjalankan usaha cafe adalah memiliih supplier terbaik untuk membuat menu makanan dan minuman serta perlengkapan cafe. 

Untuk penggunaan bahan makanan, pilihlah supplie yang menyediakan bahan makanan berkualitas dengan harga terjangkau.  

Kesegaran bahan baku makanan harus menjadi prioritas, karena membutuhkan pengolahan setiap harinya.

Sedangkan untuk pemilihan perlengkapan berupa furniture yang menunjang interior cafe, maka pilihlah supplier furniture yang menawarkan produk berkualitas dan desain yang baik dan cocok dengan konsep cafe anda. 

Baca juga: 6 Alat Masak Ala Korea Bisa Dipakai Di Dapur

Advertisements