Advertisements

Ketahui 5 Pertanyaan Imigrasi yang sering dilontarkan saat Sesi Wawancara

Sumber: Pelayanan Publik

Ketika hendak berpergian ke luar negeri, para pengunjung harus berhadapan terlebih dahulu dengan petugas imigrasi di bandara. Tentu, petugas akan memberikan beberapa pertanyaan yang wajib di jawab dengan jujur.

Pertanyaan yang sering dilontarkan oleh petugas sebenarnya tidak sulit. Maka cukup menjawab pertanyaan tersebut sesuai fakta apa adanya. Karena pada dasarnya, petugas imigrasi akan menanyakan pertanyaan yang hampir mirip kepada setiap orang yang akan ke luar negeri.

Meski terbilang mudah, namun sebagian orang memang justru sering memberikan jawaban yang kurang tepat. Meskipun dirinya merasa lancar saat menjawab pertanyaan petugas, namun nyatanya jawaban tersebut malah membuat masalah di dalam perjalanan atau bahkan membuat perjalanan menjadi batal.

Agar perjalanan lebih lancar, dibawah ini ada beberapa contoh pertanyaan imigrasi yang akan dilontarkan oleh petugas bandara yang harus diketahui. Berikut ulasannya.

1. Tujuan Perjalanan.

Sumber: English Fisrt

Di urutan pertama pertanyaan imigrasi yang paling sering ditanyakan dan sudah pasti harus di jawab. Ketika membuat paspor, sudah pasti akan ada tujuan perjalanan ke suatu negara yang akan dituju. Petugas imigrasi pun akan menanyakan, kemana tujuan perjalanan yang akan dituju?

Dengan pertanyaan tersebut, bisa saja menjawab negeri X atau menjawab tidak tahu akan pergi kemana. Apakah tidak bermasalah bila menjawab masih tidak tahu harus pergi kemana? Jawabannya adalah tidak apa-apa. Bilang saja memang belum memiliki rencana untuk bepergian, namun memang sengaja membuat paspor sekarang ini untuk berjaga-jaga.

2. Pergi ke Luar Negeri dengan Siapa?

Setelah itu, petugas imigrasi bandara sering menanyakan bersama siapa anda perg ke luar negeri.

Apakah anda pergi bersama keluarga? Teman? Atau pasangan? Maka bisa menjawab pertanyaan tersebut cukup dengan cara yang sederhana namun tetap jelas.

Advertisements

3. Berapa Banyak Uang Tunai yang dibawa?

Sumber: Tribun Bali

Setiap negara memiliki aturan masing – masing mengenai berapa banyak uang tunai yang harus bawa.

Meskipun memiliki uang lebih banyak di rekening, namun harus tetap membawa uang tunai yang cukup ketika berpergian ke luar negeri. Hal ini dikarenakan untuk memastikan agar tidak terdampar dan menjadi beban bagi negara tersebut. Jika petugas imigrasi mempertanyakan pertanyaan ini, bisa menjawab, Saya sekarang punya $1000 tunai.

4. Tempat Tinggal Selama Perjalanan.

Tempat tinggal selama berada di negara tujuan juga merupakan pertanyaan wajib yang bakal ditanyakan oleh petugas imigrasi. Biasanya hal ini ditanyakan untuk memastikan keamanan selama berada di sana, termasuk memastikan risiko keamanan yang mungkin saja timbulkan.

Jawaban yang tidak spesifik pada umumnya akan menimbulkan masalah, apalagi jika hanya melontarkan jawaban yang sangat umum, seperti asrama atau bahkan apartemen teman.

Hindari jawaban-jawaban yang seperti ini dan pastikan untuk memberikan jawaban detail yang jelas, misalnya alamat hotel yang digunakan, alamat lengkap teman atau kerabat, dan lainnya. Jawaban yang lengkap seperti ini akan membuat proses imigrasi menjadi lebih lancar.

5. Adakah Kerabat atau Keluarga di sana?

Sumber: Shopee

Pihak imigrasi, dalam mempertimbangkan proses pengurusan paspor. akan menanyakan banyak hal. Segala hal akan ditanya termasuk keluarga dan teman. Ketika memang sengaja membuat paspor untuk pegi ke suatu negara, pihak imigrasi akan bertanya, apakah kalian punya relasi atau keluarga di sana?

Keluarga ataupun kerabat adalah salah satu bahan pertimbangan penting bagi pihak imigrasi. Jika ternyata teman atau keluarga maka punya catatan buruk baik di negara asal atau negara tujuan, hal tersebut akan berpengaruh terhadap kelancaran proses paspor. Catatan, jangan berusaha untuk sok kenal dengan teman yang adai di luar sana bila tidak terlalu kenal dekat.

Baca juga:   Dari Holywings Menjadi Ganti Nama

Advertisements