6 Lagu Piala Dunia yang Paling Populer Sepanjang Masa6 Lagu Piala Dunia yang Paling Populer Sepanjang Masa

lagu piala dunia

Setiap 4 tahun sekali, gelaran Piala Dunia selalu menyajikan pertandingan dan atraksi menarik di dalamnya, termasuk juga lagu yang dibawakan oleh seorang penyanyi terkenal di dunia. Bahkan tidak jarang lagu tersebut menduduki top chart song of the month di suatu negara atau bahkan di dunia. Berikut ini adalah 10 lagu resmi Piala Dunia yang paling terkenal sejauh ini.

Lagu Resmi Piala Dunia Yang Paling Terkenal

Futbol (Piala Dunia 1974 Jerman)

Pada Piala Dunai 1974, Maryla Rodowicz terpilih sebagai penyanyi yang menyanyikan lagu resmi untuk ajang sepakbola terbesar di dunia tersebut. Lagu berjudul “Futbol” yang dinyanyikan oleh penyanyi asal Polandia tersebut pertama kali didendangkan secara resmi pada saat pembukaan Piala Dunia 1974 di Munich, Jerman.

El Mundial (Piala Dunia 1978 Argentina)

El Mundial adalah judul lagu resmi Piala Dunia 1978 yang digelar di Argentina yang mana dinyanyikan oleh Ennio Morricone dengan Buenos Aires Municipal Orchestra. Walaupun sempat terkenal di seluruh dunia, terlebih ketika ajang Piala Dunia 1978 itu digelar, namun tekanan Pemerintah Italia yang tidak begitu menyukai lagu tersebut membuat El Mundial secara perlahan kehilangan popularitasnya.

We Are the Champions (Piala Dunia 1994 Amerika Serikat)

Sebenarnya saat digelarnya Piala Dunia 1994 di Amerika Serikat, ada 2 lagu resmi yang digunakan, yaitu Gloryland yang dinyanyikan oleh Daryl Hall dan Sounds of Blackness serta satu lagi adalah ciptaan band terkenal dari Inggris, Queens. Lagu ini sebenarnya merupakan lagu lama karena dirilis dalam album News of the World pada tahun 1977, namun kemudian digunakan sebagai lagu utama Piala Dunia 1994.

La Copa de la Vida (Piala Dunia 1998 Prancis)

La Copa de la Vida atau juga dikenal dengan sebutan The Cup of Life merupakan lagu resmi Piala Dunia 1998 yang mana dinyanyikan oleh seorang penyanyi asal Spanyol, Ricky Martin. Pertama kali dirilis pada tanggal 9 Maret 1998, La Copa de la Vida memuncaki tangga musik di banyak negara. Walaupun gelaran Piala Dunia 1998 dihelat di Prancis, namun ciri khas spanyol-meksiko melekat pada La Copa de la Vida tersebut.

Un Estate Italiana (Piala Dunia 1990 Italia)

Ditulis oleh Girgio Moroder dengan judul asli An Italian Summer, lagu yang berjudul Un Estate Italiana ini akhirnya dijadikan lagu resmi Piala Dunia 1990 di Italia. Lagu tersebut dinyanyikan oleh Gianna Nannini dan Edoardo Bennato. Bahkan menurut banyak media di luar negeri, Un Estate Italiana menjadi lagu paling bagus dan menyiratkan semangat tinggi dalam dunia sepakbola sepanjang masa.

Waka-waka (Piala Dunia 2010 Afrika Selatan)

Mungkin dapat dikatakan bahwa lagu berjudul Waka-waka ini adalah lagu yang sangat populer dan terkenal setelah tahun 2000-an. Lagu yang juga memiliki judul lain, Eso es Africa ini dirilis pertama kali pada tanggal 7 Mei 2010 dan kemudian berhasil menduduki tangga musik di berbagai negara dalam beberapa minggu. Sampai sekarang, lagu Waka-waka di akun Shakira di YouTube telah ditonton sebanyak 1,9 juta kali lebih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *