Tata Cara dan Bacaan Surah Dalam Shalat Qobliyah SubuhTata Cara dan Bacaan Surah Dalam Shalat Qobliyah Subuh

Bacaan-Surah-Dalam-Shalat-Qobliyah

hariancewek.com – Shalat Qobliyah Subuh merupakan shalat sunah yang dilaksanakan sebelum shalat subuh. Menurut pendapat jumhur ulama, terutama mazhab Syafi’i, shalat sunnah Qobliyah Subuh sama dengan shalat sunnah fajar. Tata cara dan bacaan surah dalam shalat qobliyah sunnah ini, dilaksanakan dua rakaat. Shalat sunnah ini disebut shalat Qobliyah Subuh karena dikerjakan sebelum subuh. Nama lain shalat sunnah ini adalah shalat sunnah barad, karena dikerjakan saat hari masih dingin. Ada juga yang menyebutnya shalat sunnah ghadat, karena dikerjakan pagi-pagi sekali. Shalat Qobliyah Subuh atau shalat fajar ini begitu istimewa karena rutin dikerjakan oleh Nabi Muhammad SAW. Diriwayatkan dari ‘Aisyah, Rasulullah SAW tidak pernah meninggalkan empat rakaat Qobliyah Dzuhur dan dua rakaat Qobliyah Subuh. (HR. Bukhari 1182). 

Dalam riwayat lain, disebutkan juga, bahwa Aisyah berkata, “Tidak ada yang lebih Nabi (Muhammad) SAW. Sangat perhatikan selain dua rakaat Qobliyah Subuh.” (HR. Bukhari 1169). 

Keistimewaan bacaan shalat sunnah Qobliyah Subuh atau Shalat sunnah Fajar ini di sebuah riwayat disebutkan lebih utama daripada apapun yang ada di dunia ini jika dikumpulkan. 

Rasulullah SAW bersabda :

“Dua rakaat fajar (shalat sunnah sebelum Subuh) itu lebih baik dari dunia dan seisinya.” (HR. Muslim). 

Berikut dibawah ini akan diperkenalkan tata cara dan bacaan surah dalam Shalat Qobliyah Subuh :

Tata Cara Shalat Qobliyah Subuh

Berikut tata cara melaksanakan Shalat Qobliyah Subuh :

  • Pertama, membaca niat shalat sunnah Qobliyah Subuh. Jika dilafalkan dalam bahasa latin seperti ini bacaan niatnya :

“Ushalli sunnatash-shubhi rak’ataini qabliyyatan lillahi ta’ala.”

Artinya, “Aku niat shalat sunnah sebelum Subuh dua rakaat karena Allah Ta’ala.”

  • Kedua, baca Takbiratul ihram
  • Ketiga, baca surah Al-Fatihah, kemudian lanjutkan baca salah satu surah dalam Al-Quran
  • Keempat, Rukuk
  • Kelima, I’tidal
  • Keenam, sujud pertama
  • Ketujuh, Duduk diantara dua sujud
  • Kedelapan, sujud kedua rakaat pertama
  • Kesembilan, berdiri lalu mengulang urutan diatas sejak membaca Al-Fatihah hingga sujud kedua
  • Kesepuluh, duduk tasyahud
  • Kesebelas, ucapkan salam, menoleh ke kanan dan kiri

Baca Juga : Dzikir Yang Bersamaan Dengan Niat Shalat Tahajud

Bacaan Surah Dalam Qobliyah Subuh Shalat 

Terkait bacaan surah Al-Quran dalam Shalat sunnah Qobliyah subuh, terdapat beberapa pilihan surah yang dianjurkan untuk dibaca sesuai hadis. Berikut pilihan suratnya :

  • Surah Al-Kafirun Dan Surah Al-Ikhlas

Ketika mengerjakan Shalat Qobliyah Subuh, seorang Muslim dapat membaca Surah Al-Kafirun pada rakaat pertama, sementara pada rakaat kedua membaca Surah Al-Ikhlas. 

Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa Nabi Muhammad SAW pada shalat sunah sebelum subuh membaca surah Al-Kafirun dan Surah Al-Ikhlas (HR. Muslim 726). 

  • Surah Al-Baqarah Ayat 136 Dan Surah Ali Imran Ayat 52

Selain itu, seorang Muslim juga dapat membaca Surah Al-Baqarah ayat 136 di rakaat pertama dan Surah Ali Imran ayat 52 di rakaat kedua sesuai riwayat dibawah ini.

Dari Said bin Yasar, Ibnu Abbas mengabarkan kepadanya bahwa, “Sesungguhnya Rasulullah saat shalat sunnah sebelum subuh di rakaat pertama membaca Surah Al-Baqarah ayat 136 dan di rakaat kedua membaca Surah Ali Imran ayat 52”. (HR Muslim 727). 

Shalat sunnah Qobliyah Subuh ini memiliki keutamaan yang luar biasa, yaitu lebih baik dari dunia dan isinya, mendapatkan pahala, mendapatkan keutamaan akhirat, selalu berada dalam lindungan Allah SWT, dan mendapatkan berkah

Itulah bacaan surah dalah shalat qobliyah yang mungkin bisa kamu amalkan dan pelajari sebagai seorang muslim yang taat beribadah, jangan lupa amalkan ya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *