Advertisements
Sumber: Prodigy

Pada umumnnya cara cepat menghafal perkalian di luar kepala pasti akan diberikan ketika anak sudah memasuki kelas 2 SD. Tidak hanya itu, mata pelajaran perkalian juga akan diajarkan pada masa tersebut sebagai materi sebuah dasar. Dalam mata pelajaran matematika, perkalian tidak akan pernah dapat dikesampingkan. Perkalian diyakini sebagai salah satu materi yang cukup susah jika tidak terlalu sering dilatih. Agar dapat mengajarkan pelajaran perkalian kepada anak anda, maka anda memerlukan kesabaran, waktu dan juga tenaga. Berikut ini ada beberapa cara cepat menghafal perkalian untuk anak SD dengan benar.

1. Mulailah dengan yang Mudah

Cara cepat menghafal perkalian di luar kepala perlu diajarkan mulai dari angka yang kecil. Cobalah untuk memberikan pelajaran perkalian mulai angka 1 hingga 10 dulu. Perkalian tersebut menjadi sebuah dasar agar dapat meningkatkan teori perkalian dalam angka yang lebih besar.

Sesudah angka 1, maka dapat berikutnya ke angka 10. Karena anda tentu menyadarinya apabila semua jenis perkalian angka 10 akan membuahkan angka 0.

Apabila sudah, maka anda dapat melanjutnkannya ke angka 5. Karena angka berapapun apabila memperoleh perkalian 5 akan membuahkan angka 5 atau 0 pada bagian belakang. Jadi hal tersebut cukup gampang untuk dipelajari.

2. Ulangi Setiap Hari

Pengulangan merupakan kunci utama apabila anak anda mau menghafalkan semua jenis perkalian tanpa perlu mengalami kesusahan . Cara yang satu ini memang terkesan aggak sulit untuk dipelahari. Terlebih lagi perlu mempelajari metode yang sama setiap harinya.

Namun, pengulangan merupakan salah satu cara cepat menghafal perkalian di luar kepala dengan benar. Sebagian besar orang yang pintar dalam mata pelajaran matematika tentu akan memakai metode yang satu ini.

Untuk dapat memberikan kemudahan dalam latihan menggunakan metode yangg satu ini, pertama tama siapkan sebuah tabel dengan lengkap mulai dari angka 1 hingga angka 10. Apabila sudah hafal perkalian di luar kepala mulai dari angka hingga angka 10, maka perlu ditambah lagi sampai angka semakin besar. Lakukan metode yang sati ini rutin setiap saat sesudah sang anak dapat menguasainya dengan baik.

3. Gunakan Teknik Mnemonik

Pada umumnya, metode mnemonic ini lebih sering digunakan pada sebuah lagu. Jadi, coba beberapa syair lagu digantikan dengan angka. Dengan demikian, anak anda dapat menghafal tanpa memperlukan perjuangan yang lebih besar.

Advertisements

Tidak hanya itu, mnemonic juga jadi salah satu cara cepat menghafal perkalian di luar kepala yang sangat optimal untuk anak SD. Dengan cara memanfaatkan simbol dan juga tanda sebagai alat pengganti dari angka angka.

4. Manfaatkan Kartu Mainan Perkalian

Agar dapat memainkan permainan yang satu ini, caranya cukup gampang. Contohnya permainan yang dimainkan oleh 2 orang sekaligus. Kedua pemain ini akan membalikan sebuah kartu dan orang pertama yang memiliki jawaban yang benar boleh menyimpan kedua kartu yang sudah dibuka oleh kedua pemain tersebut tersebut.

5. Gunakan Gambar Bunga Perkalian

Harus dipahami terlebih dahulu apabila metode yang satu ini sering juga disebut dengan table bunga waldorf. Dalam metode yang satu ini, anak anak harus menuliskan terlebih dahulu mulai dari angka 2 sampai angka 12. Maka, jumlah dari kelopak bunga ada sebanyak 12.

Berikutnya, maka akan diperluka sebuah set gambar lain dengan jumlah kelopak bunga sebanyak 12 juga. Kelopak bunga tersebuk akan berisikan angka tengah yang akan dikalikan dengan masing masing kelopak yang lainnya. Dengan demikian, dapat digunakan sebagai sebuah table bantu.

Baca juga: 5 Fakta Anak Kedua Yang Jarang Diketahui!

Sumber: https://beritakubaru.com/

I

Advertisements