Hanya Butuh 10 menit untuk Ubah Hari Yang Buruk Jadi Lebih BaikHanya Butuh 10 menit untuk Ubah Hari Yang Buruk Jadi Lebih Baik

tips menjalani hari

Pernahkah Anda merasa sangat kesal, suntuk, kecewa sampai dengan marah karena mendapatkan suatu masalah atau karena menjalani hari buruk, sulit dan sial? Tentunya semua orang pernah mengalaminya, bukan? Lantas apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya selain harus melampiaskannya dengan kemarahan atau murung sepanjang waktu?

Sebenarnya, ada banyak cara yang dapat Anda lakukan ketika mendapati hari buruk dan sial. Bahkan Anda sendiri pastinya mengetahui apa yang harus Anda lakukan untuk dapat menjadikan situasi dan perasaan menjadi kembali tenang. Nah, bagi yang masih belum memiliki cara ampuh, berikut ini adalah langkah-langkah simpel yang dapat dilakukan dan hanya dibutuhkan kurang lebih 10 menit saja untuk dapat mengembalikan semangat dan senyum Anda kembali.

Tips Membuat Hari-mu Menyenangkan

Kontak fisik

Dipercaya atau tidak, kontak fisik atau lebih tepatnya mendapatkan pelukan dari seseorang tidak hanya dapat meningkatkan sistem imun dalam tubuh saja, namun juga dapat berfungsi sebagai sarana relaksasi alami. Hal itu dikarenakan ketika kita berpelukan, secara tidak sadar tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang mana dapat membuat seseorang tenang, nyaman dan bahagia.

Bernapas

Tentu saja semua orang harus bernapas untuk dapat hidup, namun dalam hal ini yang dimaksud bernapas adalah tidak secara cepat, melainkan dengan santai kala menghirup dan mengeluarkan napas. Ditambah lagi jika Anda gabungkan dengan menarik napas secara perlahan dan tarikannya lama, kemudian melepaskannya secara perlahan, dipercayai akan menenangkan pikiran dan membuat tubuh rileks. Hal tersebut seperti metode pernapasan yang digunakan saat melakukan yoga.

Membaca

Cobalah untuk membaca, setidaknya 5 menit ketika Anda merasa kecewa atau marah saat mendapati hari buruk. Diyakini bahwa dengan membaca maka pikiran negatif akan teralihkan dan membuat perasaan dan tubuh menjadi lebih tenang.

Berteriak

Cobalah untuk pergi ke tempat sepi atau yang jauh dan kemudian berteriaklah sekencang-kencangnya. Luapkan apa yang menjadi ganjalan dan membuat Anda marah atau kecewa tersebut melalui teriakan. Tidak ada batasan harus berapa lama melakukan langkah ini, namun dipercaya bahwa setelah berteriak, setidaknya ada setengah rasa stres yang ada dalam diri akan berkurang.

Bernyanyi

Selain berteriak, langkah lain yang juga efektif untuk dapat membuat tubuh kembali rileks adalah dengan bernyanyi. Anda dapat hanya bernyanyi dalam hati, bersenandung atau meluapkannya dengan suara yang keras. Pada dasarnya, metode berteriak dan bernyanyi ini hampir mirip karena sama-sama meluapkan emosi melalui suara.

Tersenyum

Memang terasa cukup sulit ketika dalam kondisi kecewa atau marah dan harus mencoba tersenyum. Namun menurut penelitian di Amerika Serikat menyatakan bahwa jika seseorang mampu tersenyum, walaupun hal itu dilakukan dengan terpaksa, hasilnya adalah dapat mengurangi tekanan stres dan menenangkan pikiran serta membuat tubuh rileks. Walaupun tidak sebesar hormon endorfin yang dikeluarkan tubuh saat berpelukan, namun dengan tersenyum setidaknya hormon pembuat bahagia itu masih dapat menenangkan pikiran dan tubuh secara efektif.

Makan dan minum

Ada jenis makanan atau minuman yang dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang. Ketika dalam kondisi dan keadaan drop, maka disarankan untuk mengonsumsi pisang atau cokelat. Keduanya mampu menurunkan kadar hormon stres kortisol dan membuat otak bekerja lebih stabil serta gelombangnya menjadi lebih lambat. Sedangkan untuk minumannya, Anda dapat meminum teh atau kopi karena dalam kedua jenis minuman ini mengandung kafein yang mampu menjadi pemicu rasa tenang dan bahagia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *