Hentikan 3 Kebiasaan Pagi Untuk Hari Yang Lebih MenyenangkanHentikan 3 Kebiasaan Pagi Untuk Hari Yang Lebih Menyenangkan

pagi hari

Apakah Anda sering merasa bad mood seharian ketika di kantor? Atau mudah merasa lelah padahal waktu baru menunjukkan jam 9 pagi? Itu bisa jadi disebabkan kebiasaan yang keliru di pagi hari. Dengan melakukan hal-hal yang tepat, Anda bisa merasa lebih segar dan siap untuk menjalani hari. Mood pun akan menjadi lebih stabil dan Anda tidak mudah kesal karena hal sepele. Yuk, simak apa saja kebiasaan yang perlu dihentikan supaya hari Anda jadi lebih menyenangkan:

Hal Yang Mempengaruhi Mood Di Pagi Hari

Menyetel alarm sangat pagi, tapi terus menekan tombol snooze

Hayo, siapa yang punya kebiasaan seperti ini? Alarm dipasang di pukul 4 pagi, tapi Anda terus menekan tombol snooze hingga jam 6.30. Alhasil, Anda jadi buru-buru melakukan semua hal yang sebelumnya sudah direncanakan. Kalau memang Anda berniat bangun agak siang, tak perlu memasang alarm sangat pagi. Cara ini akan membuat Anda langsung bangun ketika alarm berbunyi karena menyadari hari sudah siang. Anda juga tidak akan menyusun rencana yang terlalu ketat untuk pagi hari karena menyadari bangun tidak terlalu pagi. Atau kalau Anda memang suka bangun pagi tapi sulit menghilangkan kantuk, gunakan alarm konvensional yang tidak memiliki tombol snooze dan letakkan jauh dari kasur. Dengan demikian, Anda jadi terpaksa berjalan untuk mematikan alarm dan kantuk pun akan menghilang.

Makan sambil beraktivitas

Untuk menghemat waktu, Anda mungkin menyantap setangkup sandwich sambil sibuk menyetrika baju kerja, menyiapkan buku anak untuk dibawa ke sekolah, dan meladeni sarapan suami. Anda bisa jadi berpikir lebih baik sarapan sambil melakukan banyak hal daripada perut sama sekali tidak terisi. Tapi sejatinya cara ini malah bisa membuat perut terasa tak nyaman karena Anda tidak mengunyah makanan dengan benar. Selain itu, ketika Anda makan sambil beraktivitas, otak akan kesulitan mengirimkan sinyal kenyang sehingga mungkin saja Anda makan secara berlebih. Hasilnya, Anda bisa sakit perut atau bahkan lebih buruk lagi, ingin terus buang air besar sesampainya di kantor. Lebih baik ambil sedikit waktu untuk duduk di meja makan dan menyantap sarapan dengan tenang.

Mengonsumsi sesuatu yang manis

Anda mungkin belum merasa lapar di pagi hari sehingga memilih untuk mengisi perut dengan sesuatu yang ringan dan manis, seperti jus kalengan, cokelat, atau donat. Hal ini tampaknya memang bukan masalah, terlebih karena Anda berpikir kalau gula yang dikonsumsi di pagi hari akan diubah menjadi kalori. Tapi kabar buruknya, beberapa jenis gula buatan sebenarnya lebih banyak mengandung karbohidrat dibanding gula yang bisa dicerna jadi energi. Karbohidrat berlebihan di pagi hari akan membuat perut terasa tidak nyaman, terasa kembung, dan juga membuat Anda mengantuk.

Mulai saat ini, yuk coba ubah kebiasaan di pagi hari. Usahakan tidak tidur terlalu larut agar Anda bisa bangun pagi dengan segar. Selain itu, siapkan baju dan barang yang akan dibawa ke kantor pada malam hari sehingga saat pagi Anda tak perlu sibuk lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *