Jenis-jenis Seni Musik Di DuniaJenis-jenis Seni Musik Di Dunia

jenis musik yang ada di dunia

Musik merupakan ilmu atau seni yang menyusun nada atau suara yang diutarakan, kombinasi, dan hubungan temporal untuk menghasilkan komposisi (suara) yang mempunyai keseimbangan dan kesatuan. Selain itu, nada atau suara yang disusun sedemikian rupa yang mengandung irama, lagu dan keharmonisan (terutama yang dapat menghasilkan bunyi-bunyi itu).

Musik juga tidak hanya memiliki satu jenis saja, musik memiliki banyak macam-macam jenis dan biasanya dalam musik disebut dengan genre. Genre musik sendiri, merupakan pengelompokkan musik sesuai dengan kemiripan satu sama lainnya. Musik juga dapat dikelompokkan sesuai dengan kriteria lain seperti geografi, dan sebuah genre juga dapat didefinisikan oleh teknik musik, gaya, konteks dan tema musik. Berikut jenis-jenis seni musik yang ada di dunia :

  • Musik Funk

Musik funk adalah musik dengan aliran yang didalamnya terkandung unsur tradisi tarian dari Afrika Amerika. Untuk ritmenya sendiri, menggunakan lagu yang sering terdengar seolah olah seperti tersendat-sendat atau terpotong  secara spontan. Dan bunyi senar gitarnya pun terdengar lebih tajam, sehingga musik yang keluar dari alat perkusinya juga nampak lebih mendominasi musiknya secara keseluruhan.

jenis musik yang ada di dunia

  • Musik Rap Atau Hip-hop

Pada awalnya, musik hip-hop merupakan musik anak-anak jalanan Afrika Amerika yang didalamnya penuh dengan kritikan sosial dan kritikan tentang perbedaan warna kulit atau tentang ketidak adilan. Selain itu, vocal yang dipakai musik rap yaitu seperti orang yang sedang mengajak penontonnya bicara. Tetapi dengan ritme yang cepat dan penekanan kalimatnya terasa kuat dan jelas, karena ada sedikit hentakan ketika menyanyikannya.

  • Musik Balada

Musik balada adalah musik yang dimainkan dengan lambat, yang cenderung bertema tentang asmara atau cinta. Musik balada juga mempunyai jenis musik yang berbentuk narasi, yang dimana ketika vocalis sedang bernyanyi kalimat yang diucapkan penuh dengan kata-kata puitis yang romantis bagaikan bait-bait sebuah puisi.

  • Musik Gospel

Musik gospel merupakan genre musik yang dimana didalamnya didominasi dengan syair-syair tentang religius agama narasi. Dan masuk gospel juga, lebih dikenal sebagai musik yang membawakan lagu-lagu rohani kristiani. Salah satu jenis musiknya adalah Contemporary gospel dan Urban contemporary gospel, yang dimana alunan musiknya menyerupai musik rock n roll.

  • Musik Tradisional

Musik tradisional adalah musik yang tumbuh dan berkembang, karena tradisi yang turun temurun di tengah masyarakat. Sehingga, musik tersebut dilestarikan sebagai hiburan, kebanggan, dan untuk memupuk tali persaudaraan.

  • Musik Melayu

Musik melayu merupakan salah satu jenis musik tradisional, yang dimana mempunyai alunan musik dan tabuhan yang ada didalamnya. Alunan tersebut melambangkan tradisi dan adat istiadat kemelayuan dan dimana musik tersebut telah dipengaruhi oleh negara-negara melayu yang serumpun dengan Indonesia, seperti Malaysia, dan Brunei darussalam. Tetapi dengan seiringnya perkembangan zaman, kini lagu ini sedikit mempunyai alunan musik seperti alunan musik India. Selain itu musik ini setengahnya telah masuk sebagai pelengkap di dalam musik dangdut di Indonesia, yang dimana ada beberapa lagi dangdut yang ada terdengar seperti lagu India.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *