Advertisements
manfaat menutup aurat
Sumber: Republika

Dewasa ini tren penggunaan jilbab atau hijab di Tanah Air sangat meningkat dengan pesat, sehingga banyak kaum muslimah, baik itu anak-anak, remaja, dewasa, hinga ib-ibu yang menggandrungi penggunaan hijab ini. Apalagi saat ini banyak sekali pilihan model hijab terbaru yang keren-keren. 

Penggunaan hijab bagi kaum perempuan merupakan perintah langsung dari Allah Subhanahu wa Ta’ala, yang semestinya untuk menutup aurat, yakni penggunaan pakaian yang tidak ketat dan transparan yang sesuai dengan syariat, seperti yang terdapat pada firman Allah Subhanahu wa Ta’ala berikut ini :

Artinya : Hai Nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu dan istri-istri orang mukmin :”Hendaklah mereka menjulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang,” (Al Ahzab : 59).

Di ayat lainnya, Allah Ta’ala berfirman :

“Hai anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebahagian dari tanda-tanda kekuasaan Allah, mudah-mudah mereka selalu ingat.” (Al-A’raf : 26). 

Selain itu, menutup aurat dengan berjilbab juga menjadi bentuk ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya. Ketaatan meupakan sumber kebahagiaan dan kesuksesan besar baik di dunia maupun akherat. Seseorang tidak akan merasakan manisnya iman saat ia tidak/enggan merealisasikan dan melaksanakan semua perintah Allah dan Rasul-Nya. 

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman :

Artinya : “Dan barangsiapa mentaati Allah dan Rasul-Nya, maka sesungguhnya ia telah mendapat kemenangan yang besar,” (Al-Ahzab : 71). 

Dalam sebuah hadits, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda :

Advertisements

Artinya : “Sungguh akan merasakan iman, seseorang yang telah rela Allah sebagai Rabb, Islam sebagai agama, dan Muhammad sebagai Rasul utusan Allah.”. 

Selain itu, ada banyak hadits menutup aurat salah satunya yang berbunyi :

Rasulullah Shollallahu Alaihi wa Sallam bersabda : “Wahai Asma’, sesungguhnya seorang wanita, apabila telah baligh (mengalami haid), tidak layak tampak dari tubuhnya kecuali ini dan ini (seraya menunjuk muka dan telapak tangannya)”. (HR. Abu Dawud). 

Selain menjalankan perintah agama, menutup aurat dengan berjilbab juga memiliki banyak manfaat bagi muslimah yang memakainya, manfaat menutup aurat antara lain :

  1. Hijab Menjaga Kaum Wanita Dari Tindakan Asusila

Ada banyak kasus pelecehan seksual hingga berakhir pada pemerkosaan, biasanya berawal dari pihak perempuan yang memberikan peluang kepada para pria yang memiliki kecenderungan hasrat seks yang tinggi saat melihat wanita yang cantik dan tampil seksi atau terbuka. Sehingga dengan menggunakan hijab ini akan mempersempit peluang para pria hidung belang yang coba akan mengganggu sang wanita.

  1. Hijab Sangat Baik Untuk Kesehatan

Selain manfaat menutupi aurat, ternyata dengan berhijab juga sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh wanita tersebut. Hijab atau jilbab ini dipercaya bisa melindungi kulit wanita dari radiasi sinar matahari yang dapat memicu kanker kulit. Jadi, wanita yang menggunakan hijab kulitnya akan lebih terlindung dari paparan sinar matahari. 

  1. Hijab Untuk Fashion dan Kecantikan

Selain itu, berhijab juga memiliki banyak manfaat untuk kecantikan para wanita. Wanita yang menggunakan hijab kulitnya akan nampak lebih putih dibandingkan dengan wanita yang tidak menggunakannya. Selain itu, rambut juga akan lebih terlindung dari paparan sinar matahari yang bisa merusak rambut. Bukan hanya itu, hijab ini juga bisa menjadi fashion apalagi saat ini banyak produk hijab dengan berbagai model yang menarik. 

Baca juga: Daftar Nama Bayi Perempuan Islami Cantik

Advertisements