Yuk Kenalan dengan Suku-suku Unik di Sulawesi SelatanYuk Kenalan dengan Suku-suku Unik di Sulawesi Selatan

Yuk-Kenalan-dengan-Suku-suku-Unik-di-Sulawesi-Selatan.

hariancewek.com – Indonesia memiliki  kekayaan yang tak ternilai berupa kekayaan budaya. Satu di antaranya adalah provinsi Sulawesi Selatan dengan aneka keunikan dan daya pikat sendiri. Suku-suku yang hidup di tanah Sulawesi memiliki tradisi yang kuat dan berkarakter. Karakter inilah yang kerap menjadi pesona bagi wisatawan baik lokal mau pun mancanegara, begitulah citra daripada suku unik di sulawesi selatan khusunya.

Siapa tidak kenal Tanah Toraja, tempat suku Toraja tinggal. Berbagai tradisi unik dapat dilihat langsung di sini. Karater ini terbentuk karena masyarakatnya masih dengan teguh memegan kepercayaan serta merawat tradisi. Selain suku Toraja, ada beberapa suku lain yang menarik untuk dikenali.

3 Suku Unik Sulawesi Selatan

Banyaknya suku di Indonesia menjadi anugerah Tuhan yang tak ternilai yang patut disyukuri. Cara mensyukurinnya adalah dengan mengenal dan memberikan ruang untuk setiap suku lestarikan kebudayaannya. Mengenal lebih dekat 3 suku yang ada di Sulawesi Selatan dengan segala tradisi uniknya.

Selengkapnya, berikut 3 suku Sulsel dengan tradisi yang sangat unik:

1. Suku Toraja

Nama Suku Toraja seperti telah disinggung sebelumnya telah cukup dikenal yang mendiami Sulawesi Selatan bagian utara. Nama Toraja diambil dari kata To Riaja berarti orang-orang yang berdiam di negeri atas. Orang-rang Suku Toraja ada yang memeluk agama Kristen dan Islam. Namun ada pula yang memegan kepercayaan animisme atau mereka sebut Aluk TO Dolo.

Hal menarik dari Suku Toraja adalah tradisi ritual pemakaman yang kental dengan mistisme. Mulai dari peletakan mayat keluarga di kubur baru dan di bukit-bukit hingga upacara pergantian baju jenazah. Tradisi khas ini tidak ditemukan pada suku-suku lain sehingga membuatnya begitu menarik.

Rumah Tongkonan yakni rumah ada Suku Toraja yang begitu unik sehingga menarik para wisatawan untuk melihatnya dari dekat. Beberapa tradisi menarik yang selalu menarik untuk diikuti adalah Upacara Pemakaman Rambu Solo dan Upacara pergantian baju jenazah merupakan tradisi mistis yang unik. Ada pula atraksi adu kaki atau Sisemba dan Adu Kerbau.

Baca Juga : Jenis-Jenis Seni Musik Di Dunia

2. Suku Bugis

Nama Suku Bugis memang tidak hanya ada di Sulawesi Selatan namun juga di beberapa daerah lain di Indonesia. Suku tersebut memilih keunikan dari segi tradisi hingga makanan khas yang terkenal kelezatannya. Tradisi pindah rumah yang cukup menarik memerlihatkan keguyupan warnga dan rasa saling tolong menolong.

Tradisi lain seperti Tradisi Sigajang Leleng Lipa serta Masallo Kawali. Ada pula Tarian Maggiri atau Mabissu, Angngaru. Tradisi yang sering menjadi perbincangan adalah tradisi dalam pernikahan yakni adanya uang panai. Persembahan uang panai dari calon mempelai pria sebagai uang belanja untuk calon pengantin perempuan.

Secara sekilas, uaang panai hampir sama dengan mahar, namun ternyata keduanya berbeda sebab mahar harus ada sendiri. Besaran uang panai disesuaikan dengan derajat mempela perempuan, yakni dari segi kecantikan, keturunan, pendidikan dan pekerjaannya. Itulah sering kali besaran uang Panai mencapai angka yang fantastis.

3. Suku Kajang

Berikutnya ada Suku Kajang yang masih hidup secara tradisional di Kabupaten Bulukumba. Suku ini menolak modernisasi seperti menolak penggunaan teknologi dan modernitas lainnya. Mereka berpegang pada Andaki Modereng yang artinya kami tida ingin modern. Pakaian serba hitam menjadi ciri khas mereka yang merupakan simbol dari kesakralan dan kesetaraan.

Suku Kajang masih mempercayai sihir, tidak heran suku ini dikenal dengen ilmu ghaibnya. Mereka mengenal istilah Doti atau sihir yang legendari yang digunakan untuk menyakiti hingga menghilangkan nyawa orang. Doti juga bisa berfungsi sebaliknya yakni mengebalkan tubuh seseorang.

Itulah 3 suku unik yang ada di Sulawesi Selatan. Perbarui informasi Anda dengan aneka kabar baru setia harinya. Kabar Sulsel hari ini terbaru bisa di dapatkan dengan membaca di sulsel.idntimes.com 

Baca Juga : 5 Berita Trending NTB Selama Satu Pekan Ini,Yuk Simak !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *