Advertisements
Sumber: Forbes

Bagi seorang wanita sering kali tidak mudah untuk memilih antara rumah tangga dan karir. Hal ini merupakan salah satu dilema terbesar yang sering dialami sebagian besar wanita karir. Maka dari itu diperlukan pertimbangan yang masak dan seksama sebelum memutuskan untuk memilih yang terpenting di antara keduanya. Baik karir ataupun keluarga, masing-masing memiliki kepentingan sendiri yang harus tetap diutamakan sesuai porsinya. Lebih lanjut untuk mengatasi hal tersebut, simak penjelasan serta tips berikut ini.

Tetapkan Prioritas

Hal pertama tentunya sangat penting untuk dapat menentukan skala prioriotas di antara kedua hal tersebut. Ada kalanya rumah tangga lebih penting karena ada sesuatu yang tidak bisa ditinggalkan. Misalnya jika anak sedang sakit atau keperluan administrasi yang memang memakan waktu dalam kepengurusannya. Dengan hal tersebut maka tentu saja alasan ini bisa diterima oleh sebagian besar perusahaan apabila terpaksa tidak dapat maksimal melakukan pekerjaan akibat urusan keluarga yang mendesak.

Di sisi lain pahami juga seperti apa prioritas yang harus dilakukan dalam hal pekerjaan yang dilakukan. Misalnya jika menyiapkan rapat penting yang menentukan masa depan perusahaan. Atau apabila ada tenggat waktu yang telah dijanjikan pada perusahaan agar perusahaan tidak mengalami kerugian. Tentu apabila hal tersebut sangat penting, maka keluarga atau rumah tangga bisa memahami kebutuhan tersebut. 

Bangun Komunikasi

Masih berkaitan dengan hal di atas terkait prioritas, hal yang terpenting berikutnya yaitu membangun komunikasi yang baik. Hal ini untuk diterapkan di dalam karir maupun di dalam rumah tangga. Bangunlah komunkasi yang tepat dengan pasangan sehingga jika harus mengutamakan pekerjaan maka pasangan atau keluarga dapat memaklumi hal tersebut.

Sementara di dalam membangun karir, ada baiknya berkomunikasi dengan atasan atau rekan kerja jika harus meninggalkan pekerjaan. Pastikan untuk tidak mengecewakan siapapun dan tetap profesional dalam menangani pekerjaan meskipun terdapat keperluan di dalam keluarga. 

Baca juga: Cara Menghitung Gaji Youtuber Dari Youtube Ads

Advertisements

Cari Alternatif 

Apabila dihadapkan pada keputusan memilih antara rumah tangga dan karir, sebaiknya selalu sediakan alternatif untuk keduanya. Pastikan memiliki solusi cadangan pada permasalahan yang terjadi, sehingga selalu ada jalan keluar yang memenangkan semua pihak. Dengan demikian menjaga keseimbangan antara karir dan rumah tanggan bukan hal yang mustahil. 

Mendefinisikan Kesuksesan

Baik memilih rumah tangga maupun memilih karir sebenarnya tidak ada yang salah dengan hal tersebut. Semua tergantung pada seperti apa seseorang terutama para wanita karir mendefinisikan apa arti kesuksesan di dalam hidup mereka. Maka dari itu ini merupakan hal yang cukup penting untuk diketahui sebelum memutuskan mana yang paling tepat. 

Perlu untuk merenungi lebih dalam manakah yang disebut sebagai kriteria kesuksesan di dalam hidup. Apakah keluarga dan rumah tangga yang bahagia serta terawat dengan baik, ataukah mencapai posisi karir yang sesuai keinginan. Dengan demikian akan lebih mudah untuk melangkah dalam memilih di antara kedua hal itu tadi.

Memang bukan hal yang mudah saat dihadapkan pada memilih antara rumah tangga dan karir. Namun dengan melakukan tips di atas tentu saja kemungkinan untuk bisa menetapkan yang terbaik dapat dilakukan. Sehingga baik karir maupun rumah tangga dapat berjalan dengan lancar tanpa hambatan. Oleh sebab itu sebaiknya jangan cepat menyerah saat menghadapi dilema yang satu ini, segera upayakan langkah di atas dan raih keberhasilan dalam kedua hal tersebut.

Baca juga: Baca Konten Perempuan Milenial Dan Gen Z Hanya Di IDN App

Sumber: https://tipscantikan.com/

Advertisements