Produktivitas Kerja Menurun, Terapkan 4 Trik Mudah IniProduktivitas Kerja Menurun, Terapkan 4 Trik Mudah Ini

cara meningkatkan produktifitas kerja

Hal apa yang paling ditakuti oleh para pekerja? Ya, menurunnya produktivitas yang membuat pekerjaan yang terbengkalai atau selesai dengan banyak kekeliruan. Berkurangnya produktivitas kerja seseorang bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari stres, kebosanan yang tinggi, ketidakpuasan akan sesuatu di tempat kerja, atau masalah dengan teman sekantor. Apapun itu, Anda tentu tak ingin sampai mendapat teguran dari atasan, bukan? Maka dari itu, coba tingkatkan lagi produktivitas kerja Anda dengan beberapa cara berikut ini:

Cara Meningkatkan Produktifitas Kerja Yang Mulai Menurun

Beristirahat di tengah pekerjaan yang menumpuk

Anda mungkin berpikir kalau menyela pekerjaan dengan istirahat, yang ada masalah pekerjaan tak kunjung selesai. Sering juga rasa malas makin menghinggapi setelah selesai beristirahat sehingga tak jadi menyelesaikan pekerjaan yang seharusnya dilakukan. Tapi sebenarnya, otak dan tubuh Anda memang membutuhkan istirahat dan tidak bisa dipaksa untuk terus menerus bekerja. Jika Anda bekerja sampai 10 jam sehari misalnya, pastikan bersitirahat setidaknya selama 3 jam sekali. Anda bisa berjalan-jalan santai di sekitar kantor, menonton video lucu di YouTube, atau mengisi perut dengan camilan sehat. Yang terpenting, beri batas waktu untuk beristirahat misalnya selama 30 menit setelah itu kembali lagi ke pekerjaan Anda.

Lakukan pekerjaan yang paling berat di awal

Dari 5 target pekerjaan yang harus diselesaikan di awal, mungkin ada 1 pekerjaan yang sangat sulit. Hindari untuk meletakkan pekerjaan ini di akhir karena Anda akan merasa terbebani sepanjang hari. Sebaliknya, segera lakukan pekerjaan yang berat tersebut begitu sampai di kantor sehingga setelah beberapa jam saja beban Anda akan langsung terangkat. Anda pun jadi lebih mudah untuk berkonsentrasi dan mood menjadi lebih baik kerena pekerjaan yang sangat berat sudah selesai di awal. Hal ini juga membuat Anda bisa bekerja dengan lebih cepat di sisa hari karena tidak lagi dibayangi oleh beban yang berat.

Kerjakan satu persatu

Otak manusia tidak didesain untuk bekerja secara multitasking, meski ada juga orang yang bisa melakukannya. Namun penelitian membuktikan bahwa orang yang melakukan beberapa pekerjaan secara bersamaan malah akan mengurangi produktivitas hingga 40%. Hal ini dikarenakan butuh waktu lebih lama untuk memikirkan step apa saja yang perlu dilakukan, memprioritaskan dan mengurutkan pekerjaanm, serta menyusun berbagai hal berbeda dalam waktu bersamaan. Itulah mengapa lebih baik Anda mengerjakan sesuatunya secara terpisah sehingga lebih mudah untuk berkonsentrasi.

Manfaatkan waktu di kendaraan

Kalau Anda merasa waktu di kantor belum cukup untuk menyelesaikan semua pekerjaan, maka manfaatkanlah waktu Anda di jalan. Saat berangkat dan pulang kerja, Anda mungkin akan menempuh perjalanan yang cukup jauh terlebih lagi jika terkena macet. Nah, manfaatkan waktu untuk membereskan pekerjaan kecil melalui laptop atau smartphone yang Anda miliki. Dengan cara ini, setibanya di kantor atau di rumah, pekerjaan Anda sudah lebih berkurang.

Satu hal lagi yang perlu Anda ingat, jangan sampai kehilangan rasa percaya diri ketika bekerja. Percayalah bahwa Anda selalu bisa melakukan yang terbaik setiap waktu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *