Inilah 4 Jenis Kulit dan Temukan Cara Perawatan Yang Tepat DisiniInilah 4 Jenis Kulit dan Temukan Cara Perawatan Yang Tepat Disini

jenis kulit

Suka iri melihat para selebgram punya kulit wajah yang bersih dan mulus? Anda juga bisa kok asal bisa merawat kulit wajah secara benar. Tipe kulit manusia berbeda-beda dan ada empat macamnya yaitu kulit normal, kulit kering, kulit berminyak dan kulit sensitif. Berdasarkan hal tersebut, cara perawatannya juga berbeda-beda. Misalnya saja Anda yang memiliki kulit kering, jangan menggunakan produk pembersih wajah untuk kulit berminyak sebab kulit bisa menjadi semakin kering. Pelajari tipe kulit Anda dan pilih produk perawatan kulit yang sesuai.

Jenis Kulit, Ciri dan Cara Perawatannya

  1. Tipe kulit normal

Kulit normal termasuk jenis kulit yang lebih mudah dalam perawatannya sebab memiliki kandungan minyak dan air yang seimbang. Ciri-ciri yang dimiliki yaitu memiliki sedikit noda, tidak sensitif pada zat tertentu, tampak merona serta pori-pori yang kecil. Jika Anda memiliki tipe kulit yang normal, gunakanlah sabu atau pembersih wajah yang lembut dan hindari yang mengandung scrub. Hal tersebut untuk mencegah kulit menjadi kering. Janganlah sembarang memilih sabun muka untuk membersihkan wajah Anda. Selanjutnya bilas sabun dengan air hangat lalu keringkan dengan handuk kering.

  1. Tipe kulit berminyak

Kebanyakan remaja memiliki masalah kulit berminyak. Hal tersebut ditandai dengan pori-pori yang besar, kulit terlihat kusam, banyak komedo bahkan mudah berjerawat. Hal tersebut dapat semakin parah sebab Anda mudah stres, sering terkena paparan sinar matahari serta dalam masa pubertas. Anda dengan tipe kulit berminyak, sebaiknya membersihkan wajah dengan pembersih yang berbusa dan bebas minyak. Kemudian bilaslah dengan air hangat agar tak ada sisa sabun. Selanjutnya menggunakan toner setelah meggunakan sabun pembersih. Hal tersebut berfugsi untuk menghilangkan ekstra minyak dan kulit tidak mengkilap.

  1. Tipe Kulit kering

Bagaimana dengan kulit kering? Ciri-ciri yang dimiliki yaitu pori-pori yang hampir tidak terlihat, kusam, elastisitas kulit kurang sehingga mudah bersisik serta garis halus yang terlihat di wajah. Kulit kering jangan menggunakan sabun pembersih yang mengandung alkohol atau wewangian. Hal tersebut bisa jadi membuat kulit Anda terasa semakin kering dan malah timbul iritasi. Kemudian setelah mencuci wajah, bilaslah dengan air dingin untuk menjaga minyak alami pada kulit Sebaliknya, air hangat dapat mengikis minyak alami di kulit Anda. Seminggu sekali, coba lakukan scrub untuk menghilangkan sel kulit mati penyebab kulit kusam.

  1. Tipe kulit sensitif

Jika Anda memiliki tipe kulit yang sensitif, ada baiknya Anda mempelajari apa yang menyebabkan kulit menjadi sensitif. Apakah sebab kontak dengan produk yang mengandung zat tertentu. Maka hal tersebut tentu harus dihindari. Orang dengan kulit senssitif memiliki ciri-ciri kulit kemerahan, terasa gatal, kulit seperti terbakar serta kering. Kulit yang sensitif bisa jadi susua-susah gampag dalam perawatannya. Anda membutuhkan sabun muka yangextra mild dan jangan lupa untuk membilasnya menggunakan air hangat. Selanjutnya keringkan dengan handuk. Jangan sering melakuakn eksfoliasi sebab dapat merusak lapisan kulit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *