cara mengatasi asam lambung di malam hari
Advertisements

Asam lambung sering kali menjadi masalah yang mengganggu di malam hari. Bayangkan sedang asyik tidur tiba-tiba terbangun karena rasa panas di dada atau mulut terasa asam. Tidak hanya mengganggu tidur, tetapi juga bisa mempengaruhi aktivitas sehari-hari.

Jika Anda sering mengalami masalah ini, tenang saja, Anda tidak sendirian. Banyak orang di luar sana juga merasakan hal yang sama. Nah, kali ini kita akan bahas cara mengatasi asam lambung di malam hari dengan cara yang mudah dan praktis.

1. Mengatur Pola Makan

Salah satu cara mengatasi asam lambung di malam hari adalah dengan mengatur pola makan. Cobalah untuk makan malam setidaknya tiga jam sebelum tidur. Hal ini memberi waktu bagi tubuh untuk mencerna makanan dengan baik sebelum Anda berbaring. Hindari juga makanan yang memicu asam lambung seperti makanan pedas, asam, berlemak, dan gorengan.

2. Posisi Tidur yang Tepat

Posisi tidur juga berpengaruh besar dalam mengatasi asam lambung di malam hari. Tidur dengan posisi kepala lebih tinggi dari tubuh dapat membantu mencegah asam lambung naik. Anda bisa menggunakan bantal tambahan atau mengatur tempat tidur agar kepala lebih tinggi sekitar 15-20 cm. Tidur miring ke kiri juga dapat membantu karena posisi ini mengurangi kemungkinan asam lambung naik ke kerongkongan.

3. Menghindari Minuman Berkafein dan Beralkohol

Minuman berkafein seperti kopi dan teh, serta minuman beralkohol, dapat memicu produksi asam lambung yang berlebih. Jika Anda sering mengalami asam lambung di malam hari, sebaiknya hindari minuman ini terutama menjelang tidur. Gantilah dengan minuman yang lebih ramah pada lambung seperti air putih atau teh herbal.

4. Mengelola Stres

Stres ternyata juga bisa memicu asam lambung. Saat stres, tubuh memproduksi hormon yang dapat meningkatkan produksi asam lambung. Cobalah untuk mengelola stres dengan baik melalui teknik relaksasi seperti yoga, meditasi, atau sekadar melakukan hobi yang Anda sukai. Mengambil napas dalam-dalam dan perlahan juga bisa membantu menenangkan pikiran dan tubuh.

5. Konsumsi Obat Sesuai Anjuran Dokter

Jika perubahan gaya hidup tidak cukup, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter. Ada beberapa jenis obat yang dapat membantu mengurangi produksi asam lambung atau melindungi lapisan lambung dan kerongkongan. Pastikan Anda mengonsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter dan tidak berlebihan.

Baca juga: 7 Serum Memutihkan Wajah untuk Remaja Terbaik

Advertisements

6. Hindari Merokok

Merokok dapat melemahkan katup kerongkongan bawah, sehingga asam lambung lebih mudah naik. Jika Anda merokok dan sering mengalami asam lambung, salah satu cara mengatasinya adalah dengan berhenti merokok. Selain membantu mengurangi asam lambung, berhenti merokok juga bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

7. Menggunakan Pakaian yang Longgar

Pakaian yang ketat, terutama di area perut, dapat meningkatkan tekanan pada lambung dan memicu asam lambung naik. Cobalah untuk menggunakan pakaian yang longgar dan nyaman, terutama saat tidur, untuk mengurangi risiko asam lambung naik.

8. Mengonsumsi Makanan yang Ramah Lambung

Beberapa jenis makanan diketahui dapat membantu meredakan asam lambung. Contohnya, pisang, oatmeal, jahe, dan sayuran hijau. Mengonsumsi makanan ini secara rutin dapat membantu menjaga keseimbangan asam lambung dan mengurangi gejala asam lambung di malam hari.

9 Mengunyah Permen Karet

Mengunyah permen karet tanpa gula setelah makan dapat membantu merangsang produksi air liur, yang dapat menetralkan asam lambung dan mendorongnya kembali ke lambung. Ini merupakan cara sederhana yang bisa Anda coba untuk mengatasi asam lambung di malam hari.

Mengatasi asam lambung di malam hari memang bisa jadi tantangan, tetapi dengan beberapa perubahan gaya hidup dan kebiasaan, Anda bisa tidur lebih nyenyak tanpa gangguan. Ingatlah untuk mengatur pola makan, menghindari makanan dan minuman pemicu, serta tidur dengan posisi yang tepat.

Jika perlu, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai. Dengan langkah-langkah sederhana ini, Anda bisa mengurangi atau bahkan menghilangkan masalah asam lambung di malam hari, dan bangun pagi dengan perasaan segar siap menghadapi hari.

Baca juga: 7 Manfaat Berjemur di Pagi Hari untuk Kesehatan

Advertisements