Advertisements

Yuk, Kita Intip Kandungan Kolesterol Pada Kikil Sapi

Pada dasarnya, kikil sapi merupakan sebuah lapisan yang berperan sebagai pembungkus tulang kaki dan jari-jari kaki sapi tanpa memiliki bulu dibagian atasnya. 

Dari segi kandungannya, kikil sapi memang kaya akan kandungan protein dalam bentuk kolagen. Lantas, apakah kikil sapi mengandung kolesterol?

Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini. 

Kadar Kandungan Kolesterol Kikil Sapi

Menurut informasi yang didapat, kandungan kolesterol pada kikil sapi terbilang cukup tinggi. Itu sebabnya, mengapa kikil sapi dikategorikan sebagai salah satu jenis makanan yang mengandung kolesterol jahat. 

Kabarnya, kkil sapi memiliki kandungan kalori sebesar 240 kkal per 1 porsi atau setara dengan 30 gram. Sementara kandungan lemak pada kikil sapi per 30 gram-nya mencapai 10,86 gram, karbohidrat 9,97 gram, dan protein 26,12 gram. 

Pada intinya, mengonsumsi kikil sapi tidak boleh terlalu sering terlebih bagi mereka yang sedang menjalani program diet. 

Apakah Kikil Sapi Bagus Untuk Kesehatan Tubuh?

Meski kandungan kolesterolnya terbilang cukup tinggi, namun bukan berarti juga bahwa kikil sapi tidak memiliki khasiat untuk kesehatan tubuh.

Adapun mengenai beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan dari mengonsumsi kikil sapi seperti berikut:

1. Dapat Mengurangi Risiko Berbagai Jenis Penyakit Berbahaya

Berdasarkan dari hasil penelitian, menyebutkan bahwa kikil sapi memiliki kandungan selenium yang bertugas untuk mengaktifkan enzim antioksidan dalam tubuh. 

Nah, kandungan enzim tersebutlah yang berperan penting untuk melindungi tubuh dari berbagai macam penyakit berbahaya, termasuk penyakit kanker. 

Bahkan yang lebih hebatnya lagi, kandungan selenium pada kikil sapi juga mampu merangsang pertumbuhan sel-sel darah putih yang dapat mencegah penyakit leukemia. 

2. Bagus Untuk Pertumbuhan Tulang

Sumber: Helo Sehat

Tak banyak orang yang tahu bahwa mengonsumsi kikil sapi memiliki dampak yang bagus untuk pertumbuhan tulang. 

Advertisements

Pasalnya, kikil sapi kaya akan kandungan protein hewani seperti fosfor. Bukan hanya itu saja, terdapat juga kandungan kalsium yang berperan penting terhadap kesehatan tulang dan gigi. 

3. Dapat Menyeimbangkan Kadar pH Tubuh

Selain bagus untuk pertumbuhan tulang, bahkan kandungan protein hewani pada kikil sapi berkhasiat untuk mengatur konsentrasi asam serta basa dalam darah hingga cairan tubuh lainnya. 

Dengan kata lain, protein tersebut berperan sebagai sistem penyangga yang membantu tubuh dalam mempertahankan kadar pH darah agar lebih stabil. 

4. Bagus Untuk Sistem Penceranaan

Sumber: alodokter

Jika kamu sering mengalami masalah gangguan pencernaan seperti sembelit dan susah BAB, maka disarankan untuk mengonsumsi kikil sapi. 

Hal itu bukan tanpa alasan, karena kikil sapi memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga sangat bagus untuk sistem pencernaan. 

5. Dapat Membentuk Antibodi

Manfaat selanjutnya yang akan kamu dapatkan dari mengonsumsi kikil sapi, yakni dapat membentuk antibodi. Mengapa bisa demikian?

Pasalnya, protein hewani pada kikil sapi memiliki peranan penting dalam membentuk imunoglobulin atau antibodi dalam tubuh. 

Dengan terbentuknya antibodi, tentu saja tubuhmu tidak akan mudah terinfeksi bakteri maupun virus. Bukan hanya itu saja, bahkan antibodi juga berperan dalam membantu tubuh untuk menghambat penyakit akibat adanya infeksi birus dan bakteri di kemudian hari. 

6. Dapat Menjaga Elastisitas Kulit

Sumber: Ubrbanasia

Kikil sapi memiliki kandungan kolagen, keratin, dan elastin yang berkhasiat untuk membentuk struktur terhadap jaringan kulit sehingga dapat mempertahankan kekuatan serta elastisitas kulit. 

Seperti itulah beberapa manfaat kikil sapi bagi kesehatan tubuh.

Baca juga: Cara Penularan Dan Pencegahan Kutil Kelamin

Advertisements