Tips Membiasakan Pola Hidup SehatTips Membiasakan Pola Hidup Sehat

tips-pola-hidup-sehat

hariancewek.com – Agar selalu konsisten untuk terus melakukan pola hidup sehat tidaklah mudah. Selalu ada godaan untuk melakukan hal-hal yang tidak sehat, seperti begadang, makan-makanan berlemak, minum terlalu banyak gula, dan lain sebagainya. Padahal, pola hidup sehat akan mendapatkan manfaatnya jika dilakukan dengan konsisten dan terus menerus.

Butuh dorongan yang kuat agar bisa melakukan pola hidup sehat tersebut. Hal pertama yang sulit dilakukan adalah memulainya, dan selanjutnya adalah melakukannya dengan konsisten. Nah, berikut ini beberapa tips agar kamu bisa melakukan pola hidup sehat dengan konsisten.

Mulai dari yang Kecil Terlebih Dahulu

Motivasi untuk mulai melakukan pola hidup sehat sering kali terlalu berlebihan. Hal itu mungkin saja bisa efektif di awal, namun akan sulit untuk melakukannya secara konsisten. Oleh karenanya, agar lebih mudah dilakukan harus dari hal yang kecil terlebih dahulu, yang membutuhkan waktu singkat untuk melakukannya.

Hal yang kecil tersebut seperti ini untuk menurunkan berat badan, mulai tidur yang cukup, atau hal-hal lainnya dengan jangka waktu yang singkat. Kamu bisa memasang target dalam waktu dua minggu hingga satu bulan.

Hal-hal seperti itu jika dilakukan terus menerus akan menjadi kebiasaan. Sehingga tak terasa kamu akan melakukannya secara konsisten.

Fokus pada Manfaatnya

Pola hidup sehat yang dilakukan harus sesuai dengan manfaat yang diharapkan. Fokus pada manfaat ini akan memberikan dorongan lebih kuat.

Seperti ketika kamu mengkonsumsi buah, sayur, dan makanan lainnya. Kamu harus mengetahui apa saja manfaatnya, dan berbagai macam informasi yang lengkap lainnya. Banyak media yang bisa kamu gunakan untuk menemukan berbagai macam informasi tersebut.

Jangan Terburu-Buru

Menjadikan kebiasaan membutuhkan waktu yang tidak singkat. Karena mengubah suatu kebiasaan menjadi kebiasaan baru paling tidak membutuhkan waktu hingga dua bulan.

Biasanya, kamu akan lupa menjaga pola hidup sehat tersebut. Hal itu jangan sampai membuat kamu berhenti. Karena kegagalan bisa dibayar dengan terus mencoba secara terus menerus.

Dapatkan Dukungan dari Orang di Sekitar

Ketika hanya kamu yang mengetahui keinginan untuk mengubah pola hidup menjadi lebih sehat tentunya akan banyak sekali godaan. Mulai dari lupa, hingga menurunnya motivasi untuk melakukan perubahan tersebut.

Karena itu, kamu butuh orang-orang di sekitar kamu yang mendukung. Mereka akan senantiasa mengingatkan kamu ketika lupa, dan mendorongmu untuk melakukan perubahan dengan lebih semangat.

Beri Hadiah untuk Diri Sendiri Ketika Mendapatkan Pencapaian

Seringkali pencapaian untuk diri sendiri tidak begitu penting untuk dirayakan. Padahal hal itu akan membuat kamu akan lebih menghargai kerja kerasmu dalam mendapatkan kemajuan diri.

Perayaan untuk diri sendiri ini bisa kamu sesuaikan dengan hal-hal yang tentunya membuat kamu merasa senang. Seperti nonton ke bioskop, membeli baju atau apapun yang kamu inginkan, dan berbagai macam hal lainnya yang membuat kamu akan merasa lebih puas.

Berbagai macam tips ini bisa kamu lakukan agar memberikan motivasi yang lebih. Anggapan untuk mengubah kebiasaan adalah sesuatu yang sulit, sedikit demi sedikit akan luntur jika kamu bisa mulai dari hal-hal kecil dan dilakukan secara berulang-ulang.

Terkadang butuh komitmen di awal dan harus kamu tuliskan di tempat yang mudah ditemukan agar menjadi pengingat di saat kondisi kamu sedang down.

Baca juga: Yuk, Kita Cari tahu Manfaat Daun Sirih Bagi Wanita

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *