Advertisements

7 Desain Gaya Vintage yang Memberikan Kesan Tenang dan Antik

Sumber: Rumah.com

Masing-masing gaya desain interior rumah tentunya memiliki ciri khas tersendiri. Misalnya desain vintage yang identik dengan kesan jadul. 

Selama ini desain vintage dikenal sebgai gaya jadul dan sering diterakan oleh kaum wanita karena warna-warnanya yang lembut. 

Berbicara soal vintage, dalam tulisan kali ini akan memberikan 7 desain vintage yang bisa anda coba sendiri di rumah sebagai berikut:

1. Memilih Warna yang Solid

Sumber: Pinterest

Pemilihan warna yang solid seperti merah, kuning atau hijau merupakan ciri khas dari desain vintage. Warna-warna tersebut bisa anda padukan dengan furniture kayu atau sofa warna khaki supaya lebih hangat untuk ruangan vintage anda. 

2. Meletakkan Barang Antik

Sumber: IDN Times

Selain warna, jangan lupa untuk meletakkan barang-barang antik supaya konsep vintage di ruangan anda semakin kental. Seperti jam dinding warisan dari orang tua anda, atau lukisan legendaris anda. Agar tidak terkesan kuno anda dapat memadukan desain ruangan anda dengan tepat dan nyaman. 

Pemburuan barang-barang vintage bisa anda lakukan dengan mencarinya di pasar antik. Beberapa pasar barang antik di Jakarta dan sekitarnya cukup terkenal seperti pasar Taman Puring, Jalan Surabya, Menteng dan Jalan Ir. H. Juanda, Ciputat. Disana anda bisa menemukan beragam barang vintage. Namun, anda harus pandai menawar untuk mendapatkan harga yang diinginkan. 

Selain itu, anda juga bisa memburu barang vintage di toko online. Jam dinding antic, koper kulit, lemari, meson tik, parfum jadul semuanya ada disana. Masukkan kata kunci ‘barang vintage’ atau nama barang yang diinginkan saat memburu barang vintage di toko online. 

Advertisements

3. Padukan Konsep Lain dengan Vintage

Sumber: Decorilla

Dalam hal ini, anda bisa memadukan konsep gaya vintage di ruangan dengan konsep lain. Dengan demikian, desain vintage anda akan menjadi lebih hidup dan menarik dengan paduan konsep lain. Namun perlu diingat konsep yang dipilih harus cocok dengan warna serta motif vintage yang anda miliki. 

4. Tambahkan Sedikit Fitur agar Terlihat Vintage

Sumber: BLANCO

Mungkin banyak orang yang beranggapan bahwa yang namanya konsep vintage itu harus terlihat ‘penuh’ dengan furniture. 

Sebenarnya tidak seperti itu, konsep vintage yang sedikit furniture akan tetap terlihat vintage. Seperti pemasangan lampu antik dengan sisanya disenadakan dengan barang vintage tersebut. 

5. Konsep Vintage Bisa dipadukan dengan Barang Elektronik

Sumber: The Spruce

Semakin kesini peralatan elektronik rumah terlihat modern dan futuristik. Namun hal itu itu bukan berarti tidak pantas dipasang di ruangan bergaya vintage. Apalagi sekarang ini sudah banyak tipe barang elektonik keluaran baru yang terlihat antik. Untuk menonjolkan kesan vintage pada ruangan, anda bisa memadukannya. 

6. Sofa warna-warni cocok Dipadukan dengan Konsep Vintage

Sumber:Essential Home

Anda bisa menunjukkan konsep vintage ruangan anda dengan sofa duduk berwarna-warni. Tidak usah khawatir akan terlihat norak atau bertabrakan warna. Hadirkan sofa dengan warna hangat yang senada dengan warna meja yang ringan dan netral seperti putih, hitam, atau cokelat. Konsep vintagae di ruangan anda pun akan terlihat mewah dan elegan.

7. Tambahkan Wallpaper Vintage Pada Ruangan

Sumber: Wallmur

Dengan menggunakan wallpaper bertema vintage tidak akan menjadikan ruangan anda telihat tua atau kuno. Justru ruangan akan terlihat lebih unik dan hangat. Anda bisa coba dekorasi  vintage dengan menambahkan wallpaper bunga yang terlihat klasik namun romantis. Konsep vintage pun akan terlihat kental dan bekualitas jika dipadukan dengan funitur yang tepat dan senada.

Baca juga: 4 Rekomendasi Tas Michael Kors Beserta Harganya

Advertisements