Advertisements

MAU DIET? JAUH-JAUH DEH DARI NASI!

Apakah ada dari teman-teman yang sedang diet dengan cara menghindari nasi? Namun bingung makan apa saja pengganti karbo yang baik? So let’s check this out!

Namun jangan salah, diet bukan berarti tidak makan karbohidrat sama sekali ya. Menurut Angka Kecukupan Gizi atau AKG, kebutuhan tubuh akan kalori sebanyak 2.000 kalori per hari untuk wanita atau pria dewasa. Sehingga kebutuhan karbo perhari sebanyak 325gr, untuk yang diet cukup 150gr per hari. Jadi di setiap masakan sebisa mungkin perkirakan jumlah kalori yang masuk ke tubuh ya, agar lebih seimbang dan tidak kegemukan juga tidak kekurusan.

Sekarang bagaimana solusinya? Namanya orang Indonesia kan susah lepas dari yang namanya nasi, bahkan masyarakat Indonesia mengatakan “belum makan, kalau tidak pakai nasi“. Padahal salah besar lho guys, kalau kita makan makanan berserat tinggi maka rasa kenyang akan bertahan lebih lama.

Sedangkan makanan yang mengandung karbohidrat jenuh akan berefek pada cepatnya timbul rasa lapar yang memaksa untuk makan lagi lagi dan lagi. Lalu kalau bukan nasi karbo apa lagi yang bisa dinikmati? Melansir dari tulisan (Hanif S., n.d.) ada beberapa makanan pengganti yang cocok untuk diet sehat seperti berikut :

 1. Sereal

Pertama ada sereal yang saat ini sudah tersedia dalam berbagai merk, berbagai bentuk, juga variasi rasa. Makanan berbahan baku tepung gandum ini dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat tubuh dengan baik, cukup padukan dengan susu rendah lemak rendah gula maka sudah dapat dinikmati. Kandungan sereal juga kaya akan vitamin B, protein, serat tinggi, dan zat besi yang baik bagi tubuh.

 2. Oatmeal

Sama-sama barbahan dasar tepung gandum, maka oatmeal juga cocok sebagai pengganti nasi. Ternyata Journal of American College of Nutrition juga menyatakan jika oatmeal dapat memberikan rasa kenyang yang lebih sehingga nafsu makan menurun.

Advertisements

 3. Kentang

Sudah pasti alternatif yang paling terkenal selain nasi adalah kentang, mudah ditemukan dimana saja dengan harga terjangkau menjadi keunggulan kentang. Tak hanya karbohidrat, kentang juga mengandung kalium, vitamin B, dan serat tinggi yang membantu metabolisme tubuh.

 4. Roti

Selain kentang ada roti juga yang dijual dengan harga terjangkau dimana saja, sarapa dengan roti mirip dengan film-film luar negeri ya yang biasa dipadukan dengan susu atau selai sesuai selera. Termasuk salah satu olahan gandum sehingga dapat memenuhi kebutuhan karbohidrat dengan baik, selain itu kita juga mendapat asupan vitamin B, serat tinggi, dan mineral alami dari roti. Teman-teman bisa memilih roti tawar putih maupun coklat yang sama baiknya, namun jika roti tawar coklat dapat membuat kita kenyang lebih lama dengan serat tambahan dari coklatnya.

Baiklah itu tadi makanan-makanan pengganti nasi yang terkenal mengandung karbohidrat jenuh yang kurang baik untuk tubuh, banyak efek buruk dari kegemukan yang bisa berakibat fatal bagi diri sendiri.

Sehingga cegah sebelum terlambat, bukan hanya untuk kecantikan atau penampilan fisik, namun lebih untuk menjaga kesehatan juga memperpanjang umur. Karena mati memang takdir Tuhan, namun sehat itu ditentukan oleh perilaku sehari-hari.

Perbaiki pola tubuh, dan perbanyak rutinitas kesehatan seperti olahraga ringan yang dapat memelihara kesehatan tubuh. 

Baca Juga : Diet Ala Tya Ariestya? Siapa Takut? 

Advertisements