Advertisements

Kreatif dan Mandiri, Ini Dia 5 Fakta Anak Kedua Yang Jarang Diketahui Orang!

Sumber: Alodokter

Seorang anak memiliki karakternya masing-masing, namun, sebagia dari mereka ingin mendapatkan perhatian dan keluarga atau orang sekitar. Terkadang, setiap orang tua merasakan sikap dari anak kedua yang terasa berbeda dari anak pertama atau anak ketiga.

Menurut jurnal studi dari Child Development, pembentukan kepribadaian memiliki peran penting dalam urutan kelahiran seorang anak. Oleh sebab itu, tidak heran jika setiap anak di dalam keluarga memiliki sifat yang berbeda satu sama lainnya.

Aspek lain yang yang mempengaruhi pembentukan kepribadian yakni keluarga, komunitas dan sosial juga berkontribusi terhadap pembentukan kepribadian. Maka, bagaimana bisa teori tersebut bisa mempengaruhi sifat, karakter dan masa depan untuk anak kedua? Berikut hal menarik mengenai fakta anak kedua yang bisa para orang tua simak.

1. Mandiri

Fakta anak kedua yang pertama adalah memiliki sifat lebih mandiri. Hal tersebut dinyatakan oleh seorang peneliti dari Journal of Adolescence, bahwa anak kedua memiliki otonomi lebih besar dari pada anak pertama. Yang sebagian orang tua menyadari hal tersebut.

2. Kompetitif

Fakta anak kedua selanjutnya yakni bersifat kompetitif. Lantaran ingin melawan dominasi dari sang kakak atau adiknya, anak kedua mungkin saja melakukan persaingan dengan saudara kandungnya.

Anak kedua biasanya merasa harus berkompetisi agar bisa mendapatkan pengakuan dalam keluarga. Oleh sebab itu, anak kedua cenderung berkompetitif dibanding adik dan kakaknya.

3. Merendah Diri

Fakta anak kedua selanjutnya adalah sifat yang suka merendah diri. Pada umumnya, para orang tua beranggapan bahwa anak pertama sebagai satu kebanggaan yang dimiliki oleh keluarga. Sedangkan anak kedua adalah anak terakhir atau bungsu yang selalu dimanja oleh orang tua. Hal tersebut yang membuat anak keda cenderung suka merendah diri.

Hal terbaik sebelum anak kedua menjadi pribadi yang selalu merendah diri, para orang tua baiknya tetap selalu adil dalam memberikan kasih sayang kepada anak.

Advertisements

4. Aktif

Fakta anak kedua yang terbilang jarang diketahui oleh orang, yaitu memiliki peribadi yang lebih aktif. Sebagai anak kedua, mereka tidak dapat berdiam diri begitu saja karena meresakan bosan.

Timbulnya perilaku tersebut bukan tanpa sebab, hal tersebut karena anak kedua ingin merasakan kasih sayang secara adil dari keluarganya.

5. Sabar dan Terbuka

Sebagian besar anak kedua juga merupakan sosok yang penyabar, hal tersebut muncul disaat anak kedua memiliki seorang adik. Selain itu, anak kedua juga dianggap sebagai pelopor, karena mereka memiliki kombinasi antara kepribadian yang berani mengambil risiko dan terbuka dalam segala hal, serta sering mencoba hal-hal baru.

6. Mudah Bersosialisasi

Salah satu yang sering dirasakan oleh anak kedua adalah kurangnya perhatian dari orang tua, terutama jika mereka mempunya adik. Biasanya, orang tua cenderung lebih memfokuskan perhatian kepada anak pertama dan ketiga.

Maka, anak kedua cenderung mencari teman untuk bersosialisasi diluar rumah sehingga mereka terus melatih kemampuan bersosialisanya. Hal ini juga bisa menjadi kesempatan baik bagi anak kedua untuk belajar menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar.

7. Pandai Memahami Orang Lain

Fakta anak kedua yang terakhir adalah bisa memahami orang lain. anak kedua terlatih dalam menempatkan diri di antara saudara yang lebih tua atau yang lebih muda. Hal ini ternyata bermanfaat ketika anak kedua berada di lingkungan sosial karena membuatnya menjadi sosok yang pandai untuk memahami orang lain.

Baca juga: Vaksinasi Untuk Bayi

Sumber: https://www.beritakubaru.com/

Advertisements