Advertisements
Sumber: Medical News Today

Disaat pasca melahirkan, ASI menjadi makanan utama yang sangat penting bagi bayi yang baru lahir. Khususnya hingga enam bulan pertama kelahiran sang bayi. Oleh sebab itu, penting untuk terus berusaha agar produksi ASI pada tubuh yang cukup dan lancar.

Sebagian banyak ibu mungkin mengetahui bahwa ASI yang berkualitas memiliki banyak sekali manfaat sekaligus akan menyenangkan sang bayi. Karena ASI memang sangat berguna bagi kesehatan dan perkembangan ssang bayi itu sendiri.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kualitas ASI, salah satunya dengan menjaga pola makan makanan sehat dan bergizi. Supaya tetap menjaga kestabilan tubuh, dan tidak mudah drop. ada berbagai macam Makanan pelancar ASI untuk para ibu menyusui agar bisa membantu untuk meningkatkan kualitas ASI. Sebagai berikut.

  1. Semangka
Sumber: CNN Indonesia

Makanan pelancar ASI yang pertama adalah buah semangka. buah ini mengandung fluktosa, serat, dan air yang bisa membuat para ibu menyusui tetap terhindar dari hidrasi dan dapat memberikan mineral penting pada tubuh.

Sehingga dapat meningkatkan suplai ASI para ibu menyusui. Jika para ibu memiliki masalah terkait ASI, tetap terhidrasi dengan mamakan semangka dan memperbanyak meminum air merupakan solusinya.

  1. Sayuran Hijau
Sumber: Kompas.com

Kangkung, bayam, atau sawi, merupakan sayuran hijau yang memiliki zat besi, kalsium, dan asam folat yang baik bagi ibu menyusui.

Zat besi pada sayuran hijau, terutama bayam, sangat efektif untuk mengambalikan kadar zat besi dalam tubuh yang berkurang pasca melahirkan.

Karena, kadar zat besi yang rendah dalam tubuh akan membuat produksi ASI berkurang.

Selain itu, sayuran hijau juga mengandung banyak vitamin yang dipercaya dapat membuat produksi ASI meningkat.

Baca juga: Kandungan Skincare Untuk Ibu Hamil Paling Aman

  1. Alpukat
Sumber: Detik

Alpukat merupakan salah satu buah yang paling sehat dan sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu dan bayi.

Alpukat juga mengandung banyak potassium di didalamnya oleh karena itu, mengonsumsi alpukat selama menyusui dapat membantu mengembangkan penglihatan, kualitas rambut, kesehatan jantung, dan pencernaan bayi.

Advertisements
  1. Pepaya
Sumber: Kompas Health

Papaya menjadi salah satu buah yang kaya air dan banyak disukai oleh masyarkat. Karena bukan hanya rasanya yang lezat, papaya juga mengandung vitamin C, vitamin A, kalium dan asam folat yang tinggi.

Bahkan di dalam pepaya terkandung 33 % vitamin dari 50% kalim lebih banyak dari buah jeruk.  Kandungan vitamin dalam papaya bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan kalium ibu pada masa menyusui.

  1. Wortel
Sumber: Tokopedia

Wortel merupakan sayuran dengan kandungan vitamin A yang dipercaya dapat membantu meningkatkan kualitas produksi ASI. Selain itu, wortel juga dikenal sebagai salah satu makanan terbaik untuk mendorong proses produksi susu (laktasi).

Para ibu menyusui dapat mengonsumsi wortel sebagai pelancar asi dalam bentuk salad, jus, atau bentuk lain yang disukai. Makan wortel menjadi menu yang baik dikonsumsi secara rutin oleh ibu menyusui.

  1. Tahu
Sumber: Kompas.com

Tahu mengandung banyak sekali manfaat untuk ASI. Sebab tahu mengandng mineral, vitamin, kalsium, dan banyak sekali protein.

Tahu juga akan membantu para ibu memiliki diet yang seimbang, sehingga dapet menjaga para ibu untuk tetap sehat dan bugar.

  1. Biji Wijen Hitam
Sumber: KabarMedan.com

Biji wijen hitam merupakan sumber kalsium yang dipercaya dapat meningkatkan dan melancarkan produksi ASI.

Selain itu, makanan pelancar ASI yang mengandung kalsium ini juga efektif untuk memulihkan kondisi ibu pasca melahirkan.

Ibu menyusui bisa mencampurkan biji wijen ini dengan susu, atau makanan lainnya yang akan dikonsumsi. Namun ingat, jangan konsumsi secara berlebihan.

Baca juga: 3 Rekomendasi Aplikasi Kalender Masa Subur Terbaik

Sumber: https://tipscantikan.com/

Advertisements