Advertisements

Cara Cek Indeks Kualitas Udara Secara Online Menggunakan Aplikasi Smartphone

Sumber: Tribun Jakarta

Polusi udara telah lama menjadi isu yang sentral dari kota-kota industri. Bahkan beberapa waktu lalu, disebutkan bahwa kualitas udara di salah satu kota besar di Indonesia tercatat yang paling buruk. Karena memang tidak bisa dipungkiri bahwa kualitas udara di perkotaan umumnya memang rendah. Dengan begitu, penting bagi kita untuk mengetahui cara cek indeks kualitas udara guna mempersiapkan diri, seperti menggunakan masker atau tidak keluar rumah.

Cara cek indeks kualitas udara saat ini sangatlah mudah, dengan menggunakan aplikasi pada smartphone dapat memantau kualitas udara yang ada di sekitar kita. Nah, dibawah ini ada beberapa aplikasi yang bisa menjadi cara cek indeks kualitas udara yang bisa kalian coba. Berikut ulasannya.

1. AirVisual.

Sumber: See The Air

Aplikasi ini memberikan ramalan polusi udara dan cuaca di lebih dari 10.000 kota di seluruh dunia. Semua ditampilkan dengan grafik yang menarik dan mudah dimengerti.

  1. Atau buka aplikasi AirVisual di smartphone.
  2. Pastikan sudah diizinkan untuk mengakses fitur lokasi (GPS).
  3. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi berhasil mendeteksi lokasi terkini, tempat pengguna berada. Setelah itu, akan muncul secara otomatis skor indeks kualitas udara di sekitar lokasi.
  4. Pengguna dapat melihat skor indeks kualitas udara di wilayah lain, caranya dengan menuliskan nama wilayah yang hendak dicari pada kolom pencarian.
  5. Selain itu, pengguna bisa juga melihat daftar peringkat perolehan skor indeks kualitas udara di wilayah Ibu Kota dari berbagai negara.

2. Nafas.

Sumber: Nafas.co.id

Aplikasi Nafas didirikan oleh Piotr Jakubowski dan juga Nathan Roestandy karena menyadari pentingnya memantau kualitas udara.

Advertisements
  1. Download, lalu buka aplikasi Nafas di smartphone.
  2. Izinkan penggunaan GPS untuk mengakses lokasi terkini.
  3. Pada menu utama akan muncul rincian kualitas udara hari ini di lokasi terkini dan solusi untuk menghindari polusi udara.
  4. Selain itu juga bisa mengaktifkan notifikasi peringatan kualitas udara dengan mengklik menu di bagian paling bawah.

3. BreezoMeter.

Sumber: Breezometer

BreezoMeter, menjelaskan dengan detail, zat apa saja yang paling banyak kita hirup mulai dari ozon, oksigen, karbon monosida, sulfur dioksida, hingga partikulat (Partikel udara yang berukuran lebih kecil dari 10 mikron).

  1. Instal dan jalankan aplikasi BreezoMeter di smartphone.
  2. Izinkan akses GPS untuk aplikasi ini.
  3. Informasi kualitas udara hari ini akan muncul di halaman utama berupa nilai AQI hingga kandungan udara yang Anda hirup, seperti karbon monoksida hingga nitrogen dioksida.
  4. Ada juga tingkat serbuk sari di udara serta temperatur udara yang disajikan secara real time.

4. Airlief.

Sumber: Airlief

Salah satu alternatif aplikasi cek kualitas udara adalah Airlief. Informasi polusi udara yang ditampilkan memang tidak lengkap, namun ia bisa memberikan tips kesehatan berdasarkan informasi pengguna, mulai dari umur, transportasi yang digunakan, berapa lama aktivitas di luar rumah, dan lain sebagainya.

  1. Download lalu instal aplikasi AirLief di smartphone.
  2. Pastikan sudah diizinkan untuk mengakses fitur lokasi atau GPS.
  3. Tunggu sebentar dan AirLief akan menampilkan rincian kualitas udara hari ini di lokasi terkini.
  4. Ada juga tips kesehatan yang bisa diikuti untuk menghindari polusi udara.

5. UdaraKita.

Sumber: Balebengong

Aplikasi ini bisa menunjukkan nilai AQI serta menjelaskan apakah wilayah tertentu memiliki tingkat polusi yang berbahaya atau masih dalam batas aman.

  1. Buka aplikasi UdaraKita di smartphone.
  2. Membuat akun dengan mengklik menu “Daftar”.
  3. Setelah masuk ke menu utama, bisa langsung mencari lokasi yang ingin dicek kualitas udaranya.
  4. UdaraKita akan menampilkan riwayat AQI dengan durasi waktu berbeda-beda, mulai dari harian, mingguan, bulanan, dan tahunan.
  5. Penjelasan tentang kualitas udara hari ini juga muncul disertai suhu udara serta nilai PM 2.5 dan PM 10.

Baca juga: Begini Cara Daftar Aplikasi Paylater

Advertisements