5 Objek Wisata Sejarah di Yogyakarta untuk Menambah Wawasan Pengetahuan5 Objek Wisata Sejarah di Yogyakarta untuk Menambah Wawasan Pengetahuan

Benteng-Vredeburg

hariancewek.com – Dari hari ke hari kegiatan berwisata semakin disukai banyak orang. Mulai dari kalangan anak kecil, remaja sampai orang tua banyak yang suka melakukan kegiatan berwisata, di berbagai tempat liburan yang ada, berikut beberapa objek wisata sejarah di Yogyakarta masih kerap kali menjadi tujuan utama para turis lokal dan mancanegara. 

1. Candi Prambanan

Yang pertama, ada Candi Prambanan. Siapa yang tidak tahu candi ini ? Selain Candi Borobudur, Candi Prambanan juga merupakan salah satu situs warisan dunia yang sudah diakui oleh UNESCO. 

Dibalik kemegahan Candi Prambanan, ada fakta menarik yang patut diketahui, ternyata mitos yang berkembang mengenai anggapan bahwa Candi Prambanan dibangun hanya satu malam itu salah total. 

Sebab sebenarnya candi yang ditemukan oleh warga Belanda bernama CA Lons dan surveyor asal Inggris yang bernama Collins Mackenzie ini didirikan oleh Rakai Pikatan, yang merupakan raja dari Kerajaan Medang.

Alamat : Jl. Raya Solo-Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Keraton Yogyakarta

Berikutnya, ada tempat yang sangat lekat dengan nuansa Jawa, yakni Keraton Yogyakarta. Bagi Anda yang berkunjung ke Yogyakarta pastinya sudah tidak asing lagi dengan tempat ini, selain itu nama Keraton Yogyakarta juga cukup sering masuk ke dalam bahan materi  di berbagai buku sejarah Indonesia

Dalam sejarahnya, keraton kebanggaan warga Yogyakarta ini didirikan oleh penguasa setempat yang bernama Sultan Hamengkubuwono I pada akhir abad  18 M, yang mana letaknya dibangun menghadap  ke arah utara yang menjadi posisi dari Gunung Merapi.

Berbeda dari objek wisata sejarah di Yogyakarta lainnya, di tempat ini para wisatawan dilarang berfoto  dengan posisi membelakangi keraton atau membelakangi abdi dalem, alasannya karena dianggap tidak sopan.

Alamat : Jl. Rotowijayan Blok No.1, Panembahan, Kec. Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Baca Juga : 5 Drama Korea Romantis Terbaik Di Tahun 2020 Ini Wajib Ditonton!

3. Benteng Vredeburg

Rekomendasi objek wisata sejarah di Yogyakarta  yang satu ini  sangat cocok  bagi Anda yang  berminat untuk mempelajari sejarah kolonial, yakni ada Benteng Vredeburg. Jika Anda datang ke sini nuansa Eropa  pasti akan terasa, alasannya tidak lain karena arsitektur bangunan yang dulunya dinamai Benteng Rustenburg ini mirip dengan bangunan lain yang  ada di negara-negara Eropa.

Alamat : Jl. Margo Mulyo No.6, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

4. Museum History of Java

Selanjutnya ada Museum History of Java, jika diartikan ke dalam bahasa Indonesia, berarti museum sejarah Jawa.

 Sesuai dengan namanya bagi Anda yang akan berkunjung ke sini dipastikan akan menemukan berbagai benda yang berkaitan dengan kebudayaan Jawa, seperti baju Jawa, lukisan yang menggambarkan kehidupan orang Jawa, perabotan tradisional orang Jawa dll.

Alamat : Jl. Parangtritis km 5.5, Tarudan, Bangunharjo, Kec. Sewon, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

5. Masjid Gedhe Kauman

Untuk rekomendasi objek wisata sejarah di Yogyakarta yang terakhir sangat cocok bagi Anda yang menyukai wisata religi, yakni ada Masjid Gedhe Kauman. 

Masjid  yang berasiktektur Jawa ini dibangun di masa pemerintahan Sultan Hamengkubuwono I  pada tanggal 29 mei tahun 1773. Sebagai informasi, total luas bangunan Masjid Gedhe Kauman sekitar 2578 M dan  mampu menampung hingga 1500 jamaah.

Alamat : Jl. Kauman, Ngupasan, Kec. Gondomanan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. 

Sudah pada tahu kan lokasi rekomendasi objek wisata sejarah di Yogyakarta   terletak di mana saja? Buruan ini saatnya bagi Anda  untuk segera berkunjung ke sana. Adapun berbagai objek wisata itu sangat cocok bagi Anda yang ingin menambah pengetahuan dan berwisata, sangat mirip dengan pepatah, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, wisatanya dapat ilmunya pun juga dapat. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *